Sebelas Jalan Berubah Status

PANDEGLANG,SN Sedikitnya sebelas jalan di wilayah Kabupaten Pandeglang yang sebelumnya berstatus jalan kabupaten, kini ditingkatkan menjadi jalan provinsi. Peningkatan status ruas jalan itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 761/Kep.1030-huk/2011 yang ditandatangani Ratu Atut Chosiyah.
Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pandeglang, Syarif Hidayat membenarkan adanya 11 ruas jalan yang berubah status. “Dengan adanya peningkatan status jalan, diharapkan penanganannya bisa maksimal. Pemkab Pandeglang bisa lebih fokus menangani status jalan kabupaten,” kata Syarif, Selasa (13/3/2012).
Peningkatan status jalan kabupaten menjadi jalan provinsi itu tidak didasarkan pada padatnya aktivitas jalan tersebut. Jalan yang berubah status itu merupakan jalur yang menjadi lintasan antar kabupaten atau daerah lain yang menjadi berbatasan langsung antara dua wilayah.
Bukan hanya itu, terbatasnya anggaran yang dimiliki Pemkab Pandeglang juga menjadi salah satu alasan beralihnya status jalan. Anggaran yang terbatas akan dimaksimalkan untuk menangani ruas jalan kabupaten yang panjangnya mencapai ratusan kilometer. “Perubahan status jalan itu tidak terlepas dari padatnya aktivitas jalan tersebut, sehingga sangat wajar bila 11 ruas jalan di Pandeglang berubah status menjadi jalan provinsi,” tuturnya.
Sebelas ruas jalan yang berubah statusya menjadi jalan provinsi adalah, jalan Cigadung-Cipacung sepanjang  10 kilometer, jalan Mengger-Mandalawangi, Caringin sepanjang 28,7 kilometer, Saketi-Ciandur, jalan Jenderal A Yani Labuan, jalan Picung-Munjul, jalan CIsekeut-Sobang-Tela, jalan Munjul, Cikaludan-CIkeusik.
“Ada pula ruas jalan seperti Cibaliung-Sumur sepanjang 22 kilometer, Ciomas-Mandalawangi serta jalan Citeureup-Sumur sepanjang 31 kilometer yang berubah menjadi jalan provinsi. Sebelas ruas jalan itu akan menjadi tanggung jawab Pemprov Banten. Kami berharap, dengan peningkatan status jalan itu akan membuat kualitas jalan lebih baik, sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.
Dari perubahan status jalan kabupaten menjadi jalan provinsi, maka akan ada pula peningkatan status jalan di Kabupaten Pandeglang.  Seperti status jalan kecamatan di Pandeglang akan ada perubahan status menjadi jalan kabupaten, atau mungkin juga sebaliknya. “Setiap ada peningkatan status jalan kabupaten ke provinsi, pasti ada perubahan status jalan di tingkat kabupaten, atau mungkin juga penurunan status jalan,” ungkap Syarif. (ari/bnn/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.