Pimpinan DPRD Dikuasai Serang

Ei Resmi Dilantik jadi Wakil Ketua

SERANG, SN Pimpinan DPRD Provinsi Banten saat ini dikuasai daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten/Kota Serang. Ini menyusul tiga dari lima pimpinan DPRD tersebut berasal dari Dapil Serang, yakni Aeng Haerudin (Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat), Ei Nurul Khotimah yang resmi menggantikan Irfan Maulidi (Wakil Ketua dari Fraksi PKS) dan Jayeng Rana (Wakil Ketua DPRD dari Farksi PDIP).
Sedangkan dua pimpinan DPRD lainnya, yaitu Suparman (Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar) berasal dari Dapil Lebak, dan Eli Mulyadi (Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Hanura) berasal dari Dapil Tangerang. Namun informasi yang beredar, dalam melaksanakan tugasnya, Eli lebih konsentrasi di wilayah Lebak. Sehingga, Pandeglang, Tangerang dan Cilegon tidak ada yang mewakili di pimpinan DPRD.
Ketua DPRD Provinsi Banten, Aeng Haerudin mengatakan, proses penempatan anggota DPRD, menjadi pimpinan DPRD bukan dilakukan lembaga DPRD Banten, melainkan atas usulan partainya masing-masing.
“Itu sudah merupakan keputusan partai mengusulkan pimpinan DPRD. Lembaga DPRD hanya memfasilitasi usulan partai. Jadi tidak ada masalah,” kata Aeng kepada wartawan usai memimpin Rapat Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah Wakil Ketua DPRD Banten Ei Nurul Khotimah di Gedung DPRD, Senin (19/3).
Menurut Aeng, meski tiga pimpinan DPRD Banten dikuasi Dapil Serang, bukan berarti keputusan dan kebijakan politik dalam setiap melaksanakan tugasnya, hanya dikhususkan untuk masyarakat di Kabupaten/Kota Serang.
“Ketika anggota DPRD sudah menduduki jabatan sebagai pimpinan DPRD, tidak ada sistem kelompok dan tidak lagi berbicara dapil per dapil. Apalagi mengatasnamakan partai politik. Semua pimpinan berkewajiban menjalankan tugasnya untuk mewakili masyarakat di Banten,” ujarnya.
Terkait pengalokasian anggaran pembangunan infrastuktur yang dinilai masyarakat kurang merata, Aeng menegaskan, jika hal itu bukan menjadi kewenangan pimpinan DPRD, melainkan tugas Badan Anggaran (Banggar) yang di dalamya ada keterwakilan anggota dewan dari enam Dapil.
“Semua anggota DPRD sudah menjalankan tugasnya untuk kepentingan masyarakatnya di setiap Dapilnya masing-masing. Termasuk dalam melakukan kebijakan anggarannya sudah disesuaikan dengan usulan dari masing-masing daerah. Baik infrastuktur maupun yang lainnya,” tegasnya.
Ei Nurul Khotimah sendiri mengaku siap mengembang tugas dengan sebaik-baiknya. Termasuk untuk terus memperjuangkan kaum perempuan di Banten.
“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Irfan Maulidi yang sudah memberikan pendidikan politik yang baik kepada saya. Selagi saya mampu, saya akan menjalankan tugas pimpinan dengan sebaik-baiknya,” katanya. (eman/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.