Puting Beliung Terjang 2 Kecamatan

PANDEGLANG,SN Puting beliung kembali melanda sebagian wilayah Pandeglang. Senin (19/3) sekitar pukul 02.00 Wib, puluhan rumah warga di Kecamatan Saketi dan Labuan, rusak akibat terjangan angin kencang tersebut. Meski tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, puluhan warga yang rumahnya rusak parak terpaksa harus mengungsi.
Di Kecamatan Saketi, puting beliung melanda Kampung Langensari Desa Langensari, Kampung Pakis Desa Sukalangu dan Kampung Kadu Pinang Desa Majau. Sedangkan  di Kecamatan Labuan, angin menerjang Kampung Nelayan Desa Teluk dan Kampung Masjid Desa Labuan. Akibat hujan serta angin kencang itu aliran listrik-pun mati total seketika.
Encep (26) Salah seorang warga Kampung Langensari Desa Langensari, Kecamatan Saketi mengatakan ada sekitar 30 rumah yang rusak. Warga yang rumahnya hancur langsung mengungsi ke tetangga atau daerah yang dianggap aman dari musibah.
“Pas hujan deras juga, saya sudah punya feeling kalau akan terjadi apa-apa. Ditambah lagi anginnya kencang. Makanya saya dan keluarga sudah antisipasi untuk mengungsi dan Alhamdulillah semuanya selamat,” kata Encep.
Sekretaris Camat (Sekcam) Saketi Suheli mengatakan bersama sejumlah aparat Kecamatan dan Desa langsung menuju lokasi untuk membantu korban dan memastikan kondisi di lapangan. “Kami langsung mendata korban bencana untuk kemudian dilaporkan ke kabupaten,” ujarnya.
Dia meminta warga agar bersabar. Pihaknya akan berusaha maksimal untuk mencari bantuan, materil maupun material bangunan untuk membangun kembali rumah yang hancur akibat musibah.
Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Labuan Atma mengatakan, di wilayahnya sekitar 39 rumah rusak akibat diterjang puting beliung dengan kerusakan bervariasi. Beberapa diantaranya rusak berat dan rata dengan tanah. Rumah yang hancur itu kebanyakan pemukiman warga yang tinggal dipesisir pantai. “Saya sudah koordinasikan dengan pak Camat,” tandasnya.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang Ahmad Rifai mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan masuk dari aparat kecamatan. Namun demikian pihaknya juga sudah menurunkan tim survei ke lokasi untuk melakukan pendataan dan meninjau kondisi dilapangan. (mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.