BLHD Ambil Sampel Limbah Diduga B3

BALARAJA,SNOL Tim Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tangerang melakukan sidak ke PT Pelangi Indah Canindo (PIC) Jalan Raya Serang km 29,5 Kecamatan Balaraja, Rabu (11/4). Tim BLHD mengambil sampel limbah yang diduga mengandung unsur Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) untuk diteliti lebih lanjut.
Kepala Bina Hukum dan Informasi Lingkungan BLHD Kabupaten Tangerang, Karnata Taryadi mengatakan, sidak yang dilakukannya ini terkait dengan temuan adanya limbah yang diduga mengandung B3 oleh aktivis lingkungan dan masyarakat. beberapan waktu lalu. Namun untuk saat ini pihaknya belum bisa mengambil kesimpulan terkait dugaan tersebut. Tim BLHD baru sebatas mengambil sampel dari limbah yang ditemukan di bekas lokasi pabrik PT PIC di Balaraja, yakni berupa potongan besi, plastik dan lainnya.
“Nanti sampel yang diambil itu diuji di laboratorium. Hasilnya baru bisa diketahui setelah ada pengujian,” terangnya.
Limbah yang berada di lokasi pabrik tersebut juga belum bisa dikatakan sebagai limbah dari PT PIC. Untuk itu, BLHD berencana melakukan pemanggilan terhadap manajemen pabrik yang diketahui memproduksi tabung gas tersebut. “Dalam waktu dekat akan kami panggil untuk dimintai keterangan. Apakah betul itu milik mereka atau bukan. Dan selama ini kemana mereka membuang limbah,” tandasnya.
BLHD juga sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan ke pabrik tersebut. Sebelumnya, BLHD sempat menerima laporan adanya dugaan pencemaran air di lingkungan sekitar pabrik. “Namun, saat kami periksa ternyata air warga tidak tercemar,” katanya.
Sebelumnya, Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang Nazril Fikri mengatakan, komisi IV secepatnya akan meminta keterangan lebih lengkap dari BLHD. Bila informasi yang diterimanya benar, berarti PT PIC telah menyalahi peraturan yang ada terkait temuan limbah B3.
Anggota komisi IV DPRD dari Fraksi PKS Wisnu Yudha Mukti mengatakan, apa yang ditemukan oleh warga dan aktivitas lingkungan di bekas pabrik PT PIC sungguh menyedihkan. Seharusnya setiap perusahaan atau pabrik yang beroperasi di Kabupaten Tangerang menyadari akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Hal itu dilakukan agar kondisi tempat yang dijadikan area pabrik tetap terjad kelestarian dan kebeesihan lingkungannya.
Sebelumya diberitakan di bekas pabrik PT PIC di jalan Raya Serang km 29,5 Balaraja, ditemukan timbunan limbah B3 dalam tanah. Selain benda-benda bekar produksi di tempat itu pula ditemukan tempat pembuangan cairan hasil produksi dalam sebuah tempat berukuran 6 x 12 x 4 meter persegi. (fajar aditya/hendra /jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.