54 Wartawan Banten Lulus Uji Kompetensi

SERANG, SNOL Sebanyak 54 dari 59 wartawan cetak dan elektronik dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). Kegiatan yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Banten itu berlangsung selama dua hari yakni Jumat (27/4) dan Sabtu (28/4) di Hotel Le Dian Kota Serang.
“Sebanyak 54 wartawan dinyatakan kompeten atau lulus UKW karena mampu menjawab materi yang diujikan,” kata Ketua PWI Jaya Kamsul Hasan, mewakili 10 orang penguji saat membacakan pengumuman kelulusan pada acara penutupan UKW.
Ke-54 orang wartawan yang dinyatakan kompeten terdiri dari 7 orang wartawan jenjang Utama, 23 orang wartawan jenjang Madya dan 24 orang wartawan jenjang Muda. Sedangkan 5 orang wartawan tidak kompeten atau tidak lulus UKW yakni 1 wartawan jenjang Utama, 3 wartawan jejang Madya dan 1 wartawan jenjang Muda.
“5 Orang wartawan yang tidak kompeten, 1 orang wartawan sudah pernah mengikuti UKW di Jakarta. Tapi, pada UKW yang digelar PWI Cabang Banten yang bersangkutan kembali tidak kompeten,” kata Kamsul merinci.
Perwakilan PWI Pusat yang juga penguji UKW, Nuh Hatumena, menyambut baik pelaksanaan UKW yang digelar PWI Cabang Banten. “Kegiatan UKW yang dilaksanakan PWI Cabang Banten ini merupakan UKW yang paling sukses diantara kegiatan UKW yang dilakukan PWI lain. Apalagi jumlah peserta yang lulus UKW mencapai 54 orang wartawan atau setara 91 persen,” kata Hatumena.
Hatumena pun memastikan, 54 orang wartawan yang lulus UKW pada pekan depan sudah mendapatkan kartu dan sertifikat UKW dari Dewan Pers dan PWI Pusat. “Kalau 54 orang wartawan sudah menerima kartu dan sertifikat UKW agar bisa menjaga nama baik. Kalau disalah gunakan, Dewan Pers dan PWI Pusat akan mencabut kartu anggotanya,” ujarnya.
Ketua PWI Cabang Banten, Firdaus, menambahkan, setiap wartawan harus memiliki tiga kartu pers, yakni kartu pers dari perusahaan, kartu pers dari PWI dan kartu pers lulus UKW dari Dewan Pers. “UKW wajib diikuti semua wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik di Banten. Karena, wartawan yang sudah bersertifikat dan memiliki kartu UKW dapat melaksanakan tugas dimana pun berada,” kata Firdaus.
Ketua Umum PWI Pusat yang diwakili Sekjend Hendry CH Bangun dalam sambutan pembukaan UKW PWI Cabang Banten mengatakan, dasar hukum sertifikasi wartawan diatur dalam Peraturan Dewan Pers Nomer 1/Peraturan-DP/II/2010 tanggal 2 Februari 2020 tentang Standar Kompetisi Wartawan. Kemudian, tujuan UKW meningkatkan Kualitas, Profesionalisme wartawan, Menjadi acuan sistem kerja perusahaan, menempatkan wartawan di posisi stategis (bukan sekedar pekerja tapi unsur penting di perusahaan).
“Dalam UKW, peserta diminta mengerjakan, memperlihatkan, mempraktekan, dalam bentuk lisan, tulisan, dan demontrasi, di depan penguji seluruh materi di kelompok ujianya. Termasuk mengusulkan, merencanakan liputan, menerima pelaksanaan penugasan, mencari bahan liputan  hingga menghasilkan karya jurnalistik,” katanya.(eman/fah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.