20 Imigran Afganistan Belum Dapat Tempat

CILEGON, SNOL Kepala Kantor Imigrasi Merak, Kota Cilegon, MT Satiawan mengaku kesulitan mencari tempat penampungan imigran. Bersama International Organization for Migration (IOM) hingga saat belum menemukan tempat yang cocok untuk 20 imigran asal Afganistan. Ke-20 orang imigran ini sisa dari 120 orang yang ditangkap pada Minggu (8/4) lalu.
“Kami bersama IOM masih mencari penampungan untuk mereka. Saat ini beberapa penampungan para imigran yang terdekat penuh,” ujar Satiawan di Cilegon, Jumat (4/5). Ke-20 imigran itu masih tertahan di sebuah hotel.
Para keberadaan imigran itu mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian setempat. Hal itu dilakukan agar mereka tidak kabur seperti sebelumnya. “Masih diawasi oleh beberapa polisi. Mereka juga masih mendapatkan pelayanan dengan baik,” ucapnya.
Sebelumnya, Ditpolair Polda Banten mengamankan 120 imigran gelap asal Afganistan pada Minggu (8/4). Mereka ditemukan terdampar di Perairan Laut Panaitan, Pandeglang setelah kapal kayu nelayan yang mereka tumpangi mengalami kebocoran, hingga akhirnya terombang-ambing di tengah lautan.
Beruntung ada Kapal MT Hermia yang melintas dan segera melakukan pertolongan. Oleh petugas, 120 imigran tersebut digiring ke Pelabuhan Indah Kiat, Merak untuk dilakukan penyelidikan. (man/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.