Betonisasi Jalan dan Situ Sedot Kocek Rp16,8 Miliar

SERPONG,SNOL Provinsi Banten merogoh kocek Rp 16,8 miliar untuk mendanai proyek betonisasi tiga ruas jalan dan dua situ di Kota Tangsel. Proyek yang diharapkan dapat memecah kemacetan di kota baru tersebut rencananya dimulai minggu depan.
Tiga ruas jalan yang masuk dalam proyek itu yakni, Jalan Puspiptek ITI – Simpang Viktor, Jalan Serpong (Puspiptek) – Batas/Bogor, dan Jalan Siliwangi, Pamulang. Dan dua situ yang dimaksud yaitu, Situ Ciledug dan Situ Pamulang.
Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel, Retno Pratiwi, mengatakan pihaknya menyambut baik perbaikan jalan yang dilakukan Provinsi tersebut.
“Karena ada dua situ yang direvitalisasi, maka melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane  – Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, dan Kementerian Pekerjaan Umum,” jelas Retno.
Pembangunan Jalan Ciputat – Serpong (Puspitek depan ITI – Simpang Viktor) dalam kontrak tertanggal 2 April 2012 sepanjang 1,2 Km. Pembangunan Jalan Serpong (Puspiptek) – Batas  Tangerang/Bogor, dengan beton sepanjang 1,0 Km. Pembangunan Jalan Ciputat – Serpong (Siliwangi) dengan Perkerasan Beton sepanjang 400 m, dengan lebar jalan 24 m,  pelaksanaan dijadwalkan bulan Mei 2012.
“Perbaikan jalan Ciputat-Serpong depan ITI sampai dengan Viktor sepanjang 1,2 km sebesar Rp 6,3 miliar, sedangkan untuk pelebaran Siliwangi sebesar Rp 4,5 miliar,” ungkap Retno. Sementara jalan Serpong – Parung, termasuk perempatan Puspiptek, memakan dana sebesar Rp 4 miliar.
Untuk revitalisasi Situ Ciledug telah dilakukan kontrak per tanggal 28 Maret lalu.  Pekerjaan yang dilakukan yaitu penguatan tebing pada sisi jalan, pekerjaan galian situ, normalisasi saluran pembuang dan jogging track.
Sedangkan untuk rehabilitasi Situ Pamulang dengan kontrak per tanggal 28 Maret berupa pekerjaan galian, perkuatan lereng dengan pasangan precast beton, pekerjaan paving block, pekerjaan sheet pile, jogging track. “Kedua pengerjaan revitalisasi tersebut memakan waktu 180 hari pengerjaan,” kata Retno.
Proyek revitalisasi dan rehabilitasi yang dilakukan, semata-mata untuk mengantisipasi banjir di wilayah Arya Putra, Serua. Sungai Serua berhulu di Saluran sekunder Sasak  Pamulang dan drainase Perum  Pamulang Permai, hingga Perum Depag ke Arya Putra.
Kepala bagian Pertanahan Kota Tangsel Heru Wibisono mengatakan, tahapan pelebaran jalan nantinya diawali pembebasan lahan di Jalan Siliwangi pada tahun ini dengan anggaran yang disiapkan senilai Rp65 miliar.
“Selanjutnya Jalan Raya Ciater yang dananya bakal dimasukkan dalam anggaran perubahan, dan mengarah ke perempatan Viktor,” jelas Heru. Untuk Jalan Raya Ciater kemungkinan anggarannya dimasukkan di APBD Perubahan, atau paling lambat APBD 2013. (pramita/susilo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.