1,4 Juta Anak Muda Jadi Relawan

TANGERANG,SNOL  Peringatan hari jadi ke-148 Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional 8 Mei 2012, dijadikan momennya kawula muda. Selaras dengan semangat itu, tema tahun ini pun bertajuk Youth On The Move.  Di Indonesia tercatat 1,4 juta lebih relawan PMI dari kalangan anak muda.
“Anak-anak muda itu tersebar di Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), dan Donor Darah Sukarela (DDS),” ungkap Aulia Arriani, staf Humas Palang Merah Indonesia (PMI) pusat, saat dihubungi Satelit News.
Ke-1,4 juta lebih relawan itu secara rinci terbagi atas 493.144 anggota PMR, KSR berjumlah 32.568, 19.294 jumlah TSR, dan 893.381 berasal dari DDS. Angka relawan terus meningkat setiap tahun.
“Menyadari anak muda memiliki kekuatan lebih untuk berbuat kemanusiaan, International Committee of the Red Cross (ICRC) yang diwakili PMI di Indonesia, terus memberikan pendidikan dini di bidang relawan. Seperti Sekolah Siaga Bencana untuk PMR, dan program meningkatkan ke PMR-an sejak dini,” kata Aulia.
Program unggulan PMI diantaranya peningkatan penyediaan darah, penanggulangan dan respon bencana. “Selain itu, gerakan bersih lingkungan, pelatihan pertolongan pertama untuk sopir, crew bis dan masyarakat, dan kacamata untuk masyarakat rentan,” jelas Aulia.
Kedepan PMI akan tetap meningkatkan kekuatan pada bidang sukarelawan anak muda. Dengan begitu, peran PMI menghadapi bencana dan konflik pun bisa dimaksimalkan.

PMR Cikupa Bagikan Bunga
Di Kabupaten Tangerang, Palang Merah Remaja (PMR) Ranting Cikupa mengadakan aksi solidaritas di Jalan Raya Serang, Selasa (8/5) dengan membagi-bagikan bunga kepada pengendara roda empat.
Camat Cikupa, Yusuf Hidayat mengatakan, aksi para anggota PMR ini merupakan bentuk kepedulian, serta sosialisasi kepada masyarakat. Terutama untuk mengajak kaum muda di wilayah Cikupa untuk bisa melakukan aksi kemanusiaan lebih banyak lagi.
“Ayo berikan bantuan lebih banyak lagi kepada masyarakat.  Anak muda adalah tulang punggung yang harus tetap semangat dalam menjalankan aksi-aksi kemanusiaan,” kata Yusuf saat membacakan sambutan Ketua palang Merah Indonesia, Yusuf Kala di sela-sela acara.
Komandan Korp Sukarelawan Remaja Kabupaten Tangerang, Eka Kurniawan menambahkan, program ini juga sebagai kampanye untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang logo, serta peran penting palang merah dalam kehidupan masyarakat.
“Aksi ini juga sebagai salah satu rangkaian dari peringatan hari Palang Merah se dunia. Kegiatannya nanti oleh PMI Kabuaten Tangerang akan dipusatkan di Kecamatan Cikupa,” pungkasnya. (fajar aditya/susilo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.