Hari Aspirasi Harus Dievaluasi

SERANG, SNOL Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtasaya (Untirta) Serang Gandung Ismanto meminta Pimpinan DPRD Banten untuk mengevaluasi penetapan Senin sebagai hari aspirasi. “Kebijakan DPRD Banten mengeluarkan keputusan hari aspirasi pada setiap hari Senin itu kan memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja DPRD dalam menampung aspirasi masyarakat. Faktanya, penetapan hari aspirasinya tidak optimal, jadi penetapan itu harus dievaluasi,” kata Gandung, Selasa (8/5/2012).
Mekanisme penetapan hari aspirasi, menurut Gandung, harus jelas. Jangan keputusan dikeluarkan, malah dilabrak anggota DPRD Banten sendiri. “Saya kira kalau mekanisme diatur dengan jelas, tidak mungkin anggota DPRD Banten melanggar aturan penetapan hari asiprasi,” tegasnya.
Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Banten Aris Hudjiono mengaku sepakat dengan usulan Gandung itu.. “Hanya saja, itu merupakan keputusan pimpinan dewan yang disetujui tahun 2011 melalui surat keputusan. Jadi, yang berhak melakukan evaluasi penetapan hari aspirasi itu adalah pimpinan. Telebih lagi aturan penetapan hari tidak diatur dalam Tata Tertib DPRD Banten,” kata Aris.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Ei Nurul Khotimah mengatakan, penetapan Senin sebagai hari aspirasi ditetapkan melalui rapat pimpinan. Namun, dalam perjalanannya, setiap hari Senin tersebut tidak sedikit tugas pimpinan dan anggota dewan yang harus dilakukan, terutama dalam melakukan pengawasan.
“Selain itu juga, masyarakat memang tidak banyak tahu kalau hari Senin itu merupakan hari aspirasi. Jadi, kami sepakat penetapan hari aspirasi ditinjau kembali, tapi saya perlu bicara dulu dengan pimpinan yang lain,” kata Ei.
Ei menambahkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi tentang hari aspirasi kepada masyarakat. “Secara teknis yang melakukan sosialisasi hari aspirasi itu adalah Sekretariat DPRD Banten. Kami akan meminta kepada sekretariat dewan untuk melalukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media agar diketahui masyarakat, kalau senin merupakan hari aspirasi,” katanya.(eman/fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.