Warga Kemiri Pemasang Listrik Prabayar ke-5 Juta

TANGERANG, SNOL Elah warga Desa Klebet, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, menjadi pemasang listrik prabayar ke-5 juta. Pemasangannya langsung dipimpin Direktur Utama PLN Nur Pamudji. Dengan terdaftarnya Elah sebagai pelanggan listrik pulsa ke-5 juta berarti Indonesia menjadin negara terbesar di dunia dalam jumlah pelanggan listrik prabayar.
Penyambungan pelanggan listrik pintar juga disaksikan Direktur Perencanaan dan Manajemen Resiko PLN Murtaqi Syamsudin dan Direktur Operasi Jawa Bali Ngurah Adnyana.
“Pelanggan yang menggunakan listrik pintar sudah mencapai lima juta. Indonesia kini menjadi negara dengan jumlah pelanggan listrik prabayar terbesar di dunia. Sebelumnya posisi terbesar dipegang Afrika Selatan sejak 1993 dengan pelanggan prabayar empat juta lebih sampai saat ini,” ungkap Nur kepada Satelit News.
Nur menuturkan, lima juta pelanggan tersebut tersebar di 27 provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Sedangkan sebagian besar penggunanya berada di pulau Jawa dan Bali. Pelanggan di Jawa Barat dan Banten adalah pelanggan tertinggi se Indonesia dengan 1.663.528 pelanggan. Disusul dengan Jawa Timur 853.658 pelanggan, Jawa Tengah dan DIY 581.443 pelanggan. Kemudian Jakarta dan Tangerang 486.5999 pelanggan dan Bali 216.259 pelanggan.
Kesuksesan ini, kata Nur, terletak pada tersedianya jejaring yang menyediakan titik-titik akses pembelian ulang token isi ulang listrik pintar. Bagi pelanggan yang didukung sistem perbankan dan jejaring transaksi online. “Pelanggan bisa mengatur waktu dan jumlah pembelian token sesuai kemampuan. Isi ulang token bisa menggunakan ATM, internet bangking, kios, phone bangking, SMS banking dan lainnya,” paparnya.
Nur mengatakan, jumlah pengguna listrik prabayar golongan rumah tangga baru 11 persen dari total 42,5 juta pelanggan rumah tangga. Kondisi ini menjadi tantangan bagi PLN agar pelanggan listrik prabayar bertambah. “Tidak saja dari pelanggan baru, namun juga dari migrasi pelanggan pasca bayar,” terangnya. Dalam acara tersebut, PLN juga menyerahkan bantuan berupa renovasi fasilitas MCK untuk warga Desa Klebet sebesar Rp50 juta dan beberapa sarana lainnya.
Direktur Perencanaan dan Manajemen Resiko PLN Murtaqi Syamsudin menambahkan, pencapaian jumlah pelanggan listrik prabayar ini diluar dugaan. Karena PLN sendiri menargetkan pencapaian lima juta pelanggan baru akan pada akhir 2012. Hal ini juga berkat dukungan dari teknologi meter prabayar, yang menggunakan standar internasional dengan sistem terbuka.(fajar aditya/fah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.