Trantib Segel Proyek Bodong

TANGERANG, SNOL Melanggar aturan perizinan, proyek pembangunan di Jalan Oto Iskandar Dinata (Otista), Kecamatan Karawaci, disegel aparat Satpol PP Kota Tangerang, Jumat (7/7). Meski sempat terjadi perlawanan, penyegelan tetap berhasil dilakukan.
Belasan pekerja proyek yang sedang melakukan pengurukan tanah sempat kaget saat didatangi aparat Satpol PP dan aparat kepolisian setempat. Sebab, mereka kedatangan petugas tersebut memang sengaja untuk melakukan penyegelan.
Sempat terjadi perdebatan antara aparat dengan mandor pekerja. Namun, setelah mandor pekerja tidak bisa menunjukkan legalitas perizinan yang berlaku, tanpa basa-basi aparat Satpol PP pun langsung menutup proyek tersebut dan memasang papan segel.
“Proyek ini melanggar tiga Perda sekaligus, yakni Perda 13/2007 tentang Gangguan, Perda 6/2011 tentang Ketertiban Umum, dan Perda 17/2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu,” kata Abdul Roni Kepala Seksi Trantib Kecamatan Karawaci, di lokasi penyegelan.
Menurutnya, warga sekitar proyek juga kerap mengeluhkan aktivitas pengangkutan tanah yang dilakukan dari dan keluar proyek. “Kegiatan mereka juga sangat mengganggu warga. Banyak tanah yang berserakan dan kerap menyebabkan kemacetan,” ucapnya.
Ketika ditanya untuk apa pembangunan di proyek itu dilakukan, pihaknya mengaku tidak tahu. Makanya, ia meminta kepada pihak proyek agar mengurus terlebih dahulu semua izin yang berlaku. Sebab, selama aktivitas proyek ini ilegal, alias bodong dan tidak berizin, maka tidak akan diberikan toleransi untuk membangun.
“Bagaimana kami tahu apa yang akan dibangun disini. Izinnya saja tidak ada dari pemerintah. Bahkan saat kami tanyakan kepada pihak kelurahan, tidak pernah mengeluarkan izi. Makanya, selama tidak ada izinnya kami akan stop proyek ini,” singkatnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Pengawasanan dan Penindakan Satpol PP Kota Tangerang Afdiwan mengatakan, penyegelan, penghentian dan bahkan pembongkaran akan terus dilakukan Satpol PP dan jajarannya di tingkat kecamatan, pada setiap pembangunan tak berizin. “Satpol tegas dalam menegakkan Perda,” singkatnya. (pane/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.