Puluhan Teknisi Motor Ikuti Kontes Nasional

KELAPA DUA,SN—Gesit dan terampil. Keahlian ini yang nampak dari 38 mekanik dalam Kontes Nasional Keterampilan Teknis Sepeda Motor, di Broadway Downtown Walk, SMS 2 Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, (6-7/7).
Sebelumnya, peserta harus melalui seleksi ketat yang diikuti 3.661 AHASS se Indonesia. “Dari jumlah tersebut, barulah terpilih 38 mekanik dari 27 Service Advisor terbaik yang mengikuti final kontes ini,” ujar GM Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso, Sabtu lalu (7/7).
Kontes yang sudah digelar ke 19 kalinya ini meliputi beberapa tahapan yang harus dilalui peserta. Seperti uji kemampuan teknik dan nonteknik, analisa teknik, praktek penggunaan peralatan bengkel, pengukuran, bongkar pasang dan penanganan asalah kendaraan.
Saat final yang digelar di samping panggung megah Broadway, ada lima motor yang disediakan untuk media kontes. Masing-masing peserta, jelas Janto, harus menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh juri sebelumnya.
Nampak terlihat, juri menggunakan kemeja hitam dengan teliti berkeliling ke masing-masing peserta. Untuk menilai langsung apa saja yang dikerjakan peserta kontes. “Sedangkan untuk Service Advisor kemampuannya diuji dalam hal teori teknis dan praktik, dalam bentuk studi kasus,” jelas Janto. Kontes ini dihadiri pula oleh para siswa SMK dari perwakilan Indonesia.
Seleksi awal diikuti oleh 473 SMK se Indonesia dengan 976 siswa, lalu yang lolos pada tahap seleksi final hanya 26 siswa SMK saja. “Uji Keterampilan Siswa SMK sendiri, memang kami fokuskan untuk memberikan motivasi tinggi atas kemampuan teknisi mereka,” ujarnya.
Bagaimana pun juga, lulusan SMK, diakui Janto, menjadi SDM teknisi yang harus diberdayakan oleh negeri ini. Sedangkan untuk para guru pendamping, diberikan juga pelatihan teknologi sepeda motor agar nantinya berguna untuk pengajaran otomotif disekolah masing-masing. (pramita/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.