KONI Rekomendasikan 94 Pelajar

TANGERANG,SNOL KONI Kota Tangerang merekomendasikan 94 atlet pelajar untuk diterima di sekolah negeri melalui jalur prestasi tahun 2012. Sebanyak 44 pelajar direkomendasikan untuk tingkat SMA sedangkan 50 atlet lainnya untuk tingkat SMP.
“Surat rekomendasi KONI Kota Tangerang ini dilakukan berdasar MoU dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Tujuannya untuk melindungi atlet – atlet masa depan Kota Tangerang agar tidak pindah atau pergi sekolah ke wilayah lain. Rekomendasi jalur prestasi diberikan setelah atlet pelajar memenuhi persyaratan yang ditetapkan KONI Kota Tangerang,”ujar Hosbeni Honzala, Ketua II KONI Kota Tangerang (9/7).
Degon, sapaan Hosbeni menjelaskan, rekomendasi KONI berlaku terbatas untuk sekolah yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan. Untuk tingkat SMP, rekomendasi berlaku untuk SMP 16 dan SMP 20 Kota Tangerang. Sementara tingkat SMA berlaku untuk SMA 6, SMA 5, SMA 10, SMK 1 dan SMK 2.
“Mekanismenya adalah, setiap pelajar yang mendapatkan rekomendasi mendaftar seperti biasa. Jika nilai ujian nasionalnya memenuhi standar yang ditetapkan sekolah, maka rekomendasi jalur prestasi KONI tidak dibutuhkan. Namun sebaliknya, jika nilai ujian nasional tidak mencukupi maka bisa menggunakan surat rekomendasi Japres,” ungkap Degon.
Jumlah rekomendasi Japres tahun 2012 ini menurun drastis dibandingkan tahun lalu. Padahal, kata Degon, masih banyak cabang olahraga yang belum mengirimkan atletnya untuk mengikuti jalur prestasi karena minimnya sosialisasi. Di tahun 2011, KONI Kota Tangerang mengeluarkan 550 surat rekomendasi atlet pelajar.
Ketua Panitia Jalur Prestasi, Heru Minwardiani Mpd menegaskan, 94 atlet yang mendapatkan rekomendasi telah lulus persyaratan. Diantaranya memenuhi persyaratan administrasi, tes kesehatan serta tes fisik. Setiap atlet pelajar wajib memiliki piagam penghargaan atau sertifikat penghargaan prestasi di tingkat Kota Tangerang.
“Kalau tes kesehatannya meliputi Anthropometri atau pengukuran postur tubuh ideal atlet. Tes fisik yang kami gelar meliputi kekuatan, kelenturan, kecepatan, power dan Vo2Max. Penilaian yang kami lakukan berdasar kombinasi tes kesehatan, tes fisik dan prestasi. Dari 110 atlet yang ikut seleksi jalur prestasi, kami hanya meluluskan 94 orang,”beber Heru yang juga Kasi Bina Prestasi KONI Kota Tangerang. (gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.