Bupati Didesak Wujudkan Janjinya

PANDEGLANG, SNOL Puluhan pemuda dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dari Pandeglang Selatan mendesak agar Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menjalankan janji politiknya saat Pilkada lalu, yakni Bersih, Benar, Amanah (Bebenah). Tuntutan itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa di depan gedung Pendopo Bupati Pandeglang, Kamis (12/7).
“Janji politik itu harus diharus diwujudkan dalam bentuk kenyataan. Jangan sekedar jadi slogan semata,” kata Frangky, salah seorang orator. Bupati Erwan dan Wabup Heryani juga diminta segera membenahi sistem birokrasi di Pemkab Pandeglang. Mulai dari rencana pembangunan hingga tata kelola pemerintahan. Pasalnya, banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dinilai tidak mampu menjalankan kinerja dengan baik. Akibatnya, berbagai potensi tidak berkembang seperti obyek wisata, pertanian, pertambangan dan lainnya.
Bupati juga harus mampu menekan angka jumlah kemiskinan, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melakukan perbaikan infrastuktur jalan, pendidikan, dan meningkatkan lapangan pekerjaan.
“Kalau bupati dan wakil bupati melakukan tugas sesuai dengan fungsinya, kami yakin tata kelola pemerintahan di Pemkab Pandeglang mengalami perbaikan. Begitu juga dengan pengembangan potensi alam. Tapi karena berjalan sendiri-sendiri, program pembangunan yang sudah direncanakan tidak berjalan sebagai mana mestinya,” tandas Frangky.
Ucu Sadewa orator lain menyatakan bupati dan wakil bupati harus bersikap tegas terhadap para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Pandeglang. Agar, berbagai sumber peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di Pandeglang seperti retribusi terminal, reklame, parkir, kendaraan bermotor, air, pertambangan, pariwisata dan jenis retribusi lain, targetnya bisa tercapai.
”Kalau kepala SKPD sudah tidak bisa meningkatkan kinerjanya, buat apa dipertahankan. Jangan mentang-mentang karena balas budi kepala SKPD itu dipertahankan,” ujarnya.(mardiana/eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.