Gara-gara Kabel Tegangan Tinggi, Warga Ulitimatum PLN Cikokol

TANGERANG,SNOL Warga Kampung/Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang menggerudug kantor pelayanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Cikokol, Rabu (12/7). Mereka menuntut PLN agar merapikan kabel-kabel yang menyembul di jalan kampung mereka.
Warga mendatangi kantor PLN Cikokol pukul 14.00 WIB menggunakan tiga mobil pick up dan kendaraan roda dua. Sesampainya di depan gerbang PLN, massa langsung menggelar puluhan poster kecaman. Mereka mengultimatum PLN agar segera menindak kontraktor rekanan perusahaan itu yang tidak beres mengerjaan proyek PLN di Desa Tobat.
Aksi warga yang didukung Aliansi Masyarakat Pemantau Kinerja (AMPK) BUMN ini pun langsung menarik perhatian karyawan setempat. Polisi langsung melakukan pengamanan agar aksi demonstrasi tidak berujung ricuh. “PLN harus tanggungjawab atas banyaknya kabel yang menyembul di kampung kami dan membahayakan keselamatan kami,” kata Dulalim Zigo, Koordinator Aksi.
Koordinator AMPK BUMN Saiful Basri menambahkan, hasil investigasinya atas proyek PLN yang dikerjakan pihak ketiga, tidak hanya ditemukan kabel menyembul di wilayah Desa Tobat. Namun, ada juga proyek yang sama di kawasan Pinang, Cikokol dan Modernland.
“Jelas ini keteledoran PLN dalam mengawasi proyek milik mereka. Pengerjaan jaringan kabel bawah tanah yang dilakukan sub kontraktor mereka tidak memenuhi standar operasial penanaman kabel,” ujarnya.
Pihaknya khawatir, banyaknya temuan sembulan kabel-kabel yang tidak sepenuhnya tertanam dapat membahayakan keselamatan jiwa warga sekitar. “Jangan sampai ada warga yang tersengat listrik. Apa lagi dari standar penanaman jaringan kabel tegangan tinggi  bawah tanah yang seharusnya berada minimal 2,9 meter dari bawah tanah hanya tertanam 50 centimeter,” tukasnya.
Dalam kesempatan itu, AMPK mengultimatum pihak PLN agar dalam waktu sesingkat-singkatnya 3 minggu, sudah menuntaskan permasalahan tersebut. “Kami kasih waktu 3 minggu. Kalau tidak ada perbaikan, kami akan laporkan ke PLN Pusat dan akan kami bawa kasus ini ke tangan hukum,” ancamnya.
Manager Area PLN Cikokol Muhammad Aries berjanji akan segera mengecek keberadaan kabel PLN yang menyembul. “Segera kami cek dan perbaiki kondisi tersebut. Jika temuan warga itu kesalahan sub kontraktor kami di lapangan, jelas akan ada sanksi dan harus diperbaiki segera. Yang jelas aspirasi warga ini sangat baik buat kami untuk memperbaiki pelayanan,”  singkat Aries. (pane/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.