Lauching Tahapan Pilbup Tangerang Diundur

TIGARAKSA, SNOL Rencana KPU Kabupaten Tangerang untuk melaunching tahapan pelaksanaan Pemilukada Bupati/Wakil Bupati Tangerang 2013-2018 yang sedianya digelar pada Rabu 18 Juli, urung dilakukan. KPU memutuskan mengundur jadwal kegiatan tersebut sampai usai hari raya Lebaran mendatang.
“Ya, kita undur lauchingnya, mungkin seusai Lebaran baru dijadwalkan lagi,” kata salah seorang komisioner KPU Kabupaten Tangerang, Ade Awaludin kepada Satelit News, Minggu (14/6) siang.
Ade menjelaskan, penundaan dilakukan lantaran terkadala masalah teknis, terutama menyangkut belum selesainya atribut-atribut pendukung kegiatan lauching. “Atribut itu dibuat oleh pihak ketiga dan belum selesai, tidak mungkin kita paksakan. Lagi pula ini sudah mau pelaksanaan ibadah puasa, jadi kalau kita tetap bertahan di tanggal 18 Juli mendatang, saya rasa tidak akan efektif,” tambahnya.
Namun meski lauching tahapan ditunda, Ade menambahkan, proses tahapan tetap berjalan sesuai dengan rencana. “Launching itu sendiri bukanlah bagian tahapan pelaksanaan, itu maksudnya hanya memberitahu kepada publik bahwa KPU Kabupaten Tangerang telah memulai tahapan pelaksanaan. Jadi penundaan itu tidak akan mempengaruhi proses tahapan pelaksanaan Pemilukada,” jelas dia lagi.
Saat ditanya mengapa atribut-atribut untuk launching belum juga selesai, Ketua GP Anshor Kabupaten Tangerang itu mengaku tidak mengetahui. “Soal tidak selesai atribut itu silahkan tanya ke sekretariat, itu wewenangnya ada pada mereka. Kalau soal penentuan waktu launching memang ada di komisioner, tapi kuasa pengguna anggaran ada pada sekretariat,” tambahnya.
Sementara ditanya mengenai kegiatan KPU saat ini, Ade menambahkan pihaknya tengah melakukan proses pemutakhiran data DP4 tingkat kelurahan. Nantinya DP4 ini akan diolah menjadi data pemilih model A. “Jumlahnya sesuai dengan TPS yang ada di Kabupaten Tangerang. Dia menjadwalkan prosesnya berlangsung hingga akhir Juli mendatang.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya saat launching nanti, KPU sekaligus akan  memperkenalkan secara resmi maskot  Pemilukada KPU berupa gambar Ayam Jago Wareng yang merupakan salah  satu ayam lokal (endemik) Indonesia selain ayam kampung. “Launching tersebut menandakan tahapan persiapan pemilukada telah rampung, dan KPU memasuki tahapan selanjutnya yakni tahapan pelaksanaan,” jelas Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Jamaludin kala itu. (made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.