Pembayaran Zakat Fitrah Rp25 Ribu

TIGARAKSA,SNOL Pembayaran zakat fitrah tahun ini naik dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu. Pemerintah Kabupaten Tangerang menjanjikan doorprize bagi Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang berhasil mengumpulkan zakat terbanyak. Keputusan besarnya zakat fitrah tertuang dalam SK Bupati Tangerang nomor 451.12.Kep.305-Huk/2012 Tentang Besaran Zakat Fitrah tahun 1433 H/ 2012 M.
“Jika tahun lalu nominalnya sebesar Rp20.000, maka tahun ini meningkat menjadi Rp25.000. Kenaikan nominal zakat fitrah ini perlu disosialisasikan kepada seluruh UPZ baik di kecamatan, instansi dan seluruh SKPD,” ujar Hermansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang dalam sosialisasi Surat Keputusan Bupati Tangerang Tentang Besaran Zakat Fitrah Tahun 1433H/2012M.
Pihaknya berharap melalui sosialisasi ini, BAZDA Kabupaten Tangerang mampu meningkatkan pendapatan dari hasil pengumpulan zakat.  “Jika tahun lalu terkumpul sekitar Rp.2 miliar lebih, mudah-mudahan tahun ini zakat yang terkumpul bisa melampaui tahun-tahun sebelumnya,” harap Hermansyah.
Pihaknya mengaku sedih karena masih banyak orang-orang yang menjadi tangan di bawah dibandingkan tangan di atas. “Kita harus banyak  bersyukur kepada Yang Maha Kuasa, apabila kita tidak bersyukur maka Allah akan mendatangkan azab. Ayo kita bersama-sama mewujudkan masyarakat sadar zakat,” imbuhnya.
Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Tangerang akan memberikan Doorprize bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ), yang mampu mengumpulkan zakat terbanyak. Program ini diharapkan mampu memacu para UPZ untuk berlomba meningkatkan jumlah pendapatan zakat di unit kerjanya masing-masing.
Ketua Bazda Kabupaten Tangerang H Edy Djunaedi mengatakan, zakat dan sedekah juga mengajarkan umat untuk senantiasa peduli terhadap sesama umat muslim lainnya yang kurang mampu sesuai syari’at. “Zakat menjadi bagian yang tidak lepas dari kehidupan Umat Islam,” ucapnya.
Data statistik kependudukan di Kabupaten Tangerang sendiri menunjukan bahwa jumlah terbesar penduduk Kabupaten Tangerang adalah penganut agama Islam. Kondisi ini tentunya berpengaruh terhadap kehidupan sosial di Kabupaten Tangerang. “Sehingga secara langsung maupun tidak langsung pelaksanaan ibadah zakat menjadi bagian yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat di Kabupaten Tangerang,” kata Edy, seraya mengatakan, eksistensi BAZDA menjadi sesuatu yang sangat penting.
Pihaknya menjanjikan doorprize bagia UPZ yang berhasil mengumpulkan zakat terbanyak. “Kami akan berikan doorprize sebagai penyemangat bagi pengumpul zakat,” tukasnya. (fajar aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.