4 Partai Jajaki Koalisi Pemilukada Lebak

LEBAK, SNOL Empat partai politik di Kabupaten Lebak pada Pemilukada tahun 2013 mendatang kemungkinan berkoalisi dalam pengusungan calon bupati dan calon wakil bupati. Ke-empat partai tersebut, PDIP, Partai Demokrat, PPP, dan PKS. PDIP dan Partai Demokrat berkeinginan menduetkan Iti Oktavia Jayabaya dengan Ade Sumardi. PPP dan PKS memberi sinyal untuk melakukan koalisi dengan Demokrat.
Ketua DPD PKS Lebak,  Fery Cahyadi mengatakan, langkah dan sikap PKS menghadapi Pemilukada 2013, tetap menunggu instruksi dari DPP PKS. Namun, PKS Lebak kemungkinan akan berkoalisi dengan Partai Demokrat. “Kami masih menunggu instruksi DPP. Tetapi terkait apakah PKS dapat mengusung dan mendukung Iti, langkah itu kemungkinan bisa saja terjadi,” kata Fery kepada wartawan, Senin (16/7).
Sementara, DPC PPP Lebak menyatakan sikap akan koalisi dengan Partai Demokrat dan merekomendasikan Iti Oktavia Jayabaya sebagai bakal calon bupati (Balonbup) Lebak 2013. “Insya Allah, kami sudah mengkaji figur yang akan maju pada Pemilukada Lebak 2013. Dari tujuh figure yang sudah bermunculan, kami menentukan dukungan kepada Iti Oktavia Jayabaya,” kata Ketua DPC PPP Lebak Pitung.
Ketua DPC PDIP Lebak, Ade Sumardi  sebelumnya mengatakan, desakan warga yang menginginkan dirinya mendampingi Iti pada Pemilukada 2013 itu merupakan kepercayaan yang harus dijalankan dengan sebaik mungkin. “Desakan dan dukungan masyarakat juga sebagai bentuk penghargaan. Maka saya berjanji akan  menyampaikan aspirasi itu kepada pengurus PDI Perjuangan di semua tingkatan. Sepanjang rakyat menghendakinya, saya siap maju pada Pemilukada Lebak berdampingan dengan Iti,” kata Ade.
Salah seorang kader Partai Demokrat asal Dapil I, Agus Setiana  mendukung Iti sebagai bakal calon Bupati Lebak berpasangan dengan Ade. “Saya menilai Iti adalah figur terbaik partai Demokrat dan Ade juga figur terbaik di PDI Perjuangan. Saya yakin Iti-Ade adalah dua figur yang sangat bagus, memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi di masyarakat. Kedua sosok ini juga memiliki semangat tinggi membangun Kabupaten Lebak,” kata Agus.
Terpisah, Enjun Ombi Romli, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebak mendukung Ade untuk berdampingan dengan Iti. “Dua figur ini bagus, dan keduanya adalah putra pribumi Lebak. Kami yakin, pasangan ini dapat meneruskan pembangunan Kabupaten Lebak ke arah yang lebih baik dan maju,” kata Ombi. (ris/bnn/eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.