Aduh, Sertifikat Keselamatan Kapal Kadaluarsa…

MERAK, SNOL Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan terjadap kapal roro di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Senin (16/7). Dalam pemeriksaan tesebut, Petugas Kemenhub melakukan audit administrasi kelengkapan seluruh kapal yang dikelola PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak ini.
Mereka menemukan beberapa sertifikat alat keselamatan kapal yang sudah kadaluarsa atau melebihi masa berlaku yang sudah ditetapkan, antara lain sekoci, pelampung, dan alat pemadam kebakaran ringan (apar). Sehingga kapal-kapal itu tidak diperbolehkan untuk beroperasi. Para pengusaha kapal juga diwajibkan melakukan docking dan harus memperbaharui sertifikat tanggal kadaluarsa itu.
Kasi Keselamatan Kapal Administrator Pelabuhan (Adpel) Kelas I Banten, Tomy Aronda mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan petugas Kemenhub itu sebagai langkah tindaklanjut pemeriksaan yang sebelumnya dilakukan secara diam-diam. “Pemeriksaan yang dilakukan beberapa hari sebelumnya secara diam-diam. Saat ini, kedatangan mereka hanya untuk melakukan monitoring,” kata Tomy kepada wartawan, kemarin.
Tomy menjelaskan, dalam pengecekan secara diam-diam tersebut petugas melakukan uji petik kapal yang  kemudian dokumen hasil pemeriksaannya diberikan kepada petugas Adpel Banten. “Kami terkejut, kedatangan petugas dari Kemenhub langsung melakukan pemeriksaan. Dan setelah melakukan pemeriksaan, mereka menginformasikan kepada kami. Kami tindaklanjuti hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas itu,” ujarnya.
Keterangan berbeda disampaikan Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak, Togar Napitupulu. Dia mengatakan, dalam pemeriksaan itu petugas Kemenhub menemukan hasil yang fositif. “Dalam pemeriksaan itu semuanya berjalan lancar dan kapal yang diperiksa juga dalam kondisi baik. Tadi itu monitoring dari kejauhan saja, jadi tidak ada kapal yang ditemukan dalam kondisi tidak baik,” kata Togar. (man/bnn/eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.