Sepakbola Tetapkan 24 Pemain Popwil IV

TANGERANG,SNOL Cabang olahraga sepakbola mengakhiri seleksi Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) Zona IV, di Stadion Benteng kemarin (17/7) sore. Sebanyak, 42 pemain yang menjalani seleksi akhirnya disusutkan menjadi 24 pemain.
“Kami sebenarnya butuh 18 pemain yang akan dibawa ke Popwil Oktober nanti, tapi untuk bisa mencari yang terbaik diantara pemain maka kami ciptakan kompetisi selama Pelatda nanti dengan tambahan 4-6 pemain. Ini agar pemain yang ada tak berleha-leha dalam latihan. Pengumuman pemain yang lolos akan kita lakukan via telepon,” terang Asep Suhara, Kasi Peningkatan Prestasi Dispora Banten.
Nantinya atlet ini akan ditempa lebih jauh dalam pemusatan latihan daerah (pelatda) yang dipimpin langsung pelatih kepala tim juara yakni Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Slamet ‘Dogay’ Ardiyansyah. Asep menambahkan pelatda sepakbola akan dilakukan Juli atau Agustus.
“Jadi bulan puasa tetap digelar karena pelatih menganggap program latihan tak tercapai jika pelaksanaan Popda dilakukan September. Secara teknis kami (Dispora Banten, red) menyerahkan semua masalah program persiapan kepada pelatih dan manajemen,” jelas Asep.
Mengenai target yang dicanangkan buat tim sepakbola, Asep mengaku saat ini pihaknya mengharap tim sepakbola lolos ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas). Selain karena Banten akan bertindak sebagai tuan rumah Popwil  Zona 4 yang juga terdiri dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan juga karena materi pemain yang saat ini tergabung didalamnya.
Pemain Banten saat ini dinilai punya skill individu yang lumayan bagus. Berdasarkan pengamatan beberapa praktisi sepakbola di Banten lebih baik dibanding pada saat Popnas 2005. Dimana pada Popnas yang dilaksanakan di Medan Banten meraih medali emas.
“Namun semua kita akan awali dulu dengan tampil di Popwil, dengan tampil di final. Karena yang lolos Popnas adalah tim juara dan runner-up Popwil, kalau sudah di final kita baru membidik target juara,” tegasnya.
Sementara terkait program persiapan yang dilakukan tim sepakbola Popwil Banten, Slamet Ardiansyah menyatakan sejauh ini dirinya tak mengalami kesulitan mencari pemain bagus dari 42 pemain yang ada. Bahkan menurut mantan pemain Persita itu ke-42 pemain yang menjalani seleksi semua kemampuannya merata.
“Yang saya pilih adalah yang sesuai dengan karakter dan keinginan pelatih serta mengakomodir keinginan pihak Disporabudpar. Dimana keterwakilan tiap daerah ada, namun yang memenuhi kualitas yang kami mau,” terang Slamet Ardiansyah.
“Agar persaingan tetap ada, selain diantara 24 pemain yang nantinya dipanggil lagi juga kami terapkan sistem promosi dan degradasi buat 18 yang tak lolos seleksi kali ini. Karena pemain muda masih labil, mungkin saat seleksi dia bagus, tapi selanjutnya menurun kemampuannya makanya kami minta 18 pemain yang lainnya untuk tetap bersiap,” tandasnya. (gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.