Barang Bukti Miliaran Dimusnahkan

TIGARAKSA,SNOL Kejaksaan Negeri (Kejari) Tigaraksa Kabupaten Tangerang memusnahkan berbagai barang bukti (Barbuk) yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inchracht) di halaman Kantor Kejari Tigaraksa Rabu, (18/7). Pemusnahan itu juga bertepatan dengan peringatan Hari Korps Adhyaksa ke-52 tahun 2012.
Kepala Kejari Tigaraksa, Samsuri menjelaskan, pemusnahan barang bukti narkotika ini dilaksanakan selain bertepatan dengan HUT Kejaksaan RI ke-52 yang jatuh pada tanggal 22 Juli 2012, juga dalam rangka memenuhi komitmen Kejaksaan dalam memberantas dan memerangi Tindak Pidana Narkotika dan berbagai jenis obat-obatan terlarang lainnya.
”Sebagai aparat penegak hukum kita wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan secara profesional, agar citra kejaksaan dapat semakin baik, karena masyarakat dewasa ini sangat mendambakan institusi kejaksaan yang bersih, profesional dan transparan,” ungkap Samsuri.
Barang bukti yang dimusnahkan kali ini terdiri ganja seberat 11.554,7255 gram (67 perkara), sabu seberat 23,604 gram (15 perkara), ekstasi 410 butir, loyang stainlist isi adonan hijau narkotika serberat 7.386,400 gram ganja dan teringan 0,0024 gram sabu.
Barang bukti lainnya adalah, kaset DVD Play Station sebanyak 23 ribu keping, uang palsu dollar Amerika 1.737 lembar pecahan 100 dollar, dolar Singapura 71 lembar pecahan 10 ribu dollar, dollar Brazil 699 lembar pecahan 500 dolar, Black dolar Amerika 2 lembar pecahan 100 dolar, rupiah 250 lembar pecahan 50 ribu sejumlah Rp.9,5 juta, 25 lembar pecahan Rp100 ribu sejumlah Rp 2,5 juta, 1 buah kotak kontainer yang berisi kertas hitam.
Selain itu, benda-benda lain yang digunakan sebagai alat kejahatan seperti kunci letter T, pakaian, golok, pistol mainan serta kertas dan lainnya sebanyak 1.042 buah juga dimusnahkan. Bila ditotalkan, nilainya mencapai miliaran rupiah.
Ketua MUI Kabupaten Tangerang Uwes Nawawi menyambut baik upaya tegas Kejari Tangerang untuk memberastas peredaran narkotika khususnya di Kabupaten Tangerang. “Narkotika harus dijadikan musuh bersama, karena menjadi penyebab rusaknya generasi muda,” ujar Uwes.
Selain Ketua MUI Kabupaten Tangerang, pemusnahan barang bukti hasil kejahatan ini juga dihadiri oleh Kapolresta Tangerang Kombes Bambang Priyo Anggodo, perwakilan Pemkab Tangerang, perwakilan Pemkot Tangsel, perwakilan Lapas Jambe, DPRD Kota Tangsel. serta undangan lainnya. (hendra/Jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.