Kejari Janji Profesional Tangani Pelanggaran Pemilukada

TIGARAKSA,SNOL Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tigaraksa, Samsuri menjamin bahwa institusinya akan profesional dalam penanganan kasus-kasus pelanggaran Pemilukada Kabupaten Tangerang nanti. Menurut Samsuri, walaupun saat ini pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang  dengan menempatkan beberapa jaksa sebagai pengacara negara, namun meraka hanya melakukan advokasi dalam urusan perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) terkait sengketa pemilukada.
Dia mengatakan, jika terdapat pihak-pihak yang melakukan pelanggaran pemilukada dan itu masuk ke ranah pidana maka pihaknya akan langsung memprosesnya. “Siapapun yang melakukan pelanggaran akan kami proses, termasuk jika terjadi terhadap anggota KPU, karena kami hanya akan melakukan pembelaan pada urusan perdata atau tata usaha negara saja,” jelasnya.
Dia melanjutkan, bantuan hukum yang diberikan Kejari Tigaraksa ini tentu tidak terlepas dari pijakan tugas kejaksaan yang diatur dalam pasal 30 ayat dua UU No 6/2004, dengan lima fungsi kejaksaan dalam bertugas. Salah satunya adalah memberikan bantuan hukum. Tugas memberikan bantuan hukum tersebut seperti memberikan pendapat hukum, memberikan pendampingan, pelayanan hukum masyarakat, penegasan hukum, mendampingi ke pengadilan dan melaksanakan tindakan hukum lainnya.
Sebagai pengacara negara kata Samsuri, kejaksaan tak hanya bekerjasama dengan KPU saja. Pihaknya, telah melakukan kesepakatan yang sama dengan sejumlah lembaga atau instansi lainnya, seperti PLN, Pemkab Tangerang dan lainnya. (hendra/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.