Isi Liburan Jadi Presenter, Kameramen, Hingga Desain Grafis

Berperan sebagai presenter, narasumber, cameramen, hingga sutradara dengan menggunakan perlengkapan televisi sesungguhnya membuat ratusan siswa SMA dari berbagai wilayah di Banten dan Jawa Barat sangat tertarik dibuatnya. Kegiatan inilah yang terlihat dalam mengisi liburan mereka di Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang, Kamis (19/7).
Fanny dan Anggie, siswi dari SMA Ricci 2 Jakarta Selatan, tampak kompak memerankan tugasnya sebagai seorang presenter acara talk show. Lima siswa lainnya berperan natural sebagai narasumber yang dalam ceritanya tengah dirundung kasus perselingkuhan rumah tangga.
Sementara temannya yang lain berperan sebagai tiga cameramen, satu sutradara, dan satu orang lagi sebagai Floor Director (FD). Pada kesempatan kunjungannya ke UMN dan menjajal studio on air televisinya, mereka tengah membawakan program talk show.
Di ruang controlling, salah seorang siswa lain yang berperan sebagai sutradara  mengarahkan setiap gerak-gerik temannya yang bertugas distudio. Dengan diarahkan lima mahasiswi cantik yang sudah lebih lama berkcimpung di dunia broadcast dan seorang dosen, mereka tampak bersemangat menjajal dunia yang sangat baru untuk mereka coba.
Seperti Arifin, salah seorang siswa yang tengah asyik membidik wajah temannya yang berperan sebagai presenter. “Saya memang mempunyai keinginan sebagai cameramen, tapi enggak nyangka bisa menjajalnya sekarang,” ujar remaja yang biasanya hanya menggunakan handycam ditiap kesempatan berlibur.
Kamera besar dihadapannya benar-benar dia perhatikan dan dioperasikan dengan serius. Arahan dari mahasiswi UMN pun dia dengarkan. Menurutnya, itu sangat berguna untuk bekal pengetahuannya sebagai seorang cameramen kelak.
Selain Arifin dan teman-temannya yang berada di studio on air televisi, ada pula sekitar enam ratus siswa dari berbagai SMA itu memenuhi laboratorium atau studio lain yang berada di kampus itu. Ingin belajar melukis digital, mereka bisa memasuki studio digital painting.
“Mereka kami arahkan sesuai dengan keinginan dan bakat,” ujar Oscar Jaya Negara, selaku dosen Ilmu Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual (DKV) UMN. Misalnya saja seperti tema game and simulation, TV Production With Multi Camera’s, Digital Painting, Audit Command Language, dan beberapa studio yang menunjang keinginan cita-cita mereka.
Sebelum sampai ke UMN, siswa pun diarahkan dimasing-masing sekolah. Pihak sekolah, ujar Oscar, akan menanyakan bakat dan cita-cita yang mereka ingin capai. Setelah itu barulah mereka akan diarahkan seperti apa sebenarnya keinginan mereka itu.
“Yang ingin jadi cameramen, presenter, sutradara, desain grafis, atau apapun itu, disini mereka mengenal dan langsung mempraktekkannya,” jelas Oscar. Kegiatan yang berlangsung dari Sabtu (18/7) hingga (25/7) mendatang, setidaknya akan mengundang sekitar dua ribu siswa SMA dari daerah Banten dan Jawa Barat. (pramita/Jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.