Awas, Kemasan Minuman Rusak Masih Dijual

TIGARAKSA,SN—Sejak sepekan menjelang Ramadhan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang memperketat pengawasan di sejumlah supermarket. Hasilnya, ditemukan sejumlah kemasan minuman dan makanan yang sudah rusak namun masih dijajakan di pusat perbelanjaan itu.
”Kami menemukan sejumlah kemasan yang sudah rusak atau penyok, seperti pada kaleng susu dan lainnya. Kami menghimbau kepada masyarakat agar lebih jeli dalam membeli kebutuhan pokok selama Ramadhan,” ujar Hadijah, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri kepada Satelit News, Jumat (20/8).
Pihaknya khawatir jika kemasan yang rusak dapat mempengaruhi kualitas dan kesehatan makanan atau minuman di dalamnya. Dia meminta kepada pengelola supermarket untuk menarik produk yang kemasannya rusak atau tidak layak. “Jangan merugikan masyarakat di kemudian hari,” imbuhnya.
Disperindag akan terus melakukan sidak sebagai bentuk pengawasan, mulai dari harga, ketersediaan bahan pokok dan peredaran makanan dan minuman. “Sementara supermarket yang kami sidak baru di daerah Cikupa, seperti Sabar Subur dan Giant serta beberapa pasar di Kabupaten Tangerang,” katanya.
Mengenai kenaikan harga bahan pokok di sejumlah pasar hingga kemarin belum menunjukkan adanya kenaikan yang tinggi atau mencolok. Berdasarkan hasil pemantauan, kenaikan harga masih dibawah 15 persen. “Oleh karena masih di bawah 15 persen, kami belum melakukan operasi pasar. Jika sudah diatas 15 persen baru kami lakukan operasi pasar,” terang Hadijah.
Pihaknya memastikan bahwa kenaikan ini terjadi karena memasuki bulan Ramadhan atau kenaikan harga musiman, bukan disebabkan oleh tengkulak atau oknum distributor yang memainkan harga dengan penimbunan sehingga terjadi kelangkaan. “Distribusi sembako atau bahan pokok lainnya masih aman hingga saat ini. Kedepan kami akan melakukan sidak gabungan bersama instansi lainnya. Jika ada pelanggaran bisa ditindak sesuai prosedur,” tandasnya.
Tim pengawas pasar, Disperindag Kabupaten Tangerang, Solihul Akmal menambahkan, berdasarkan harga rata-rata bahan pokok pangan dan barang penting lainnya di Pasar Balaraja, Pasar Cikupa, Pasar Kutabumi, Pasar Kelapa Dua dan Pasar Curug menjelang Ramadhan, Senin (16/8) stok komoditi masih aman. (fajar aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.