Sermonize, Jagoan Nasyid Tangerang

Memiliki suara merdu, pandai mengaransemen lagu nasyid, dan juga memadukan musik beatbox. Itulah keunikan grup nasyid Sermonize atau kepanjangan dari Senandung Remaja Harmonize dari MAN 1 Kota Tangerang.
Grup nasyid yang terbentuk satu tahun lalu itu beranggotakan lima remaja lelaki. Mereka adalah Dziri Ahsanuriza pada vocal, M Rizki Bustaman pada perkusi dan beatbox, Fajar Pandu pada suara satu, Dika Dwi Permana pada suara tiga, dan terakhir ada Ari Aprilianto pada bass.
Perkusi ataupun bass yang dimaksud bukanlah alat musik yang dimainkan, melainkan suara dari mulut mereka yang bisa menirukan berbagai alat musik. “Seperti akapela, kami membagi suaranya sesuai dengan karakter suara masing-masing,” ungkap Dzikri.
Selain mengandalkan merdunya suara, Dzikri bersama keempat personil Sermonize lainnya mempunyai kemahiran untuk mengaransemen lagu nasyid yang akan mereka bawakan. Misalnya saja, Dzikri mampu membawakan lagu nasyid dengan menirukan alunan sinden sampai dangdut.
“Jadi satu lagu tidak kami bawakan original, melainkan pasti kami aransemen terlebih dahulu, biar menarik saat dinyanyikan,” ungkap Dzikri. Uniknya, ujar Rizki salah seorang personil Sermonize lainnya, ide untuk mengaransemen lagu yang akan dibawakan, selalu muncul disaat dua atau sehari menjelang perlombaan nasyid.
Namun jangan diremehkan, grup yang biasa latihan seminggu dua kali dan akan tiap hari jelang lomba ini, tidak pernah absen dalam menyabet penghargaan. Dikatakan Rizki, baru setahun mereka berdiri, sudah dua penghargaan bergengsi yang berhasil mereka raih.
“Awal tahun ini, kami mendapatkan juara tiga  lomba nasyid se Jabodetabek,” katanya. Acara yang digelar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu, diikuti oleh puluhan perwakilan sekolah yang mengikuti perlombaan.
Selain itu, pada akhir Juli yang baru saja berlalu, Sermonize berhasil menyabet juara pertama se Kota Tangerang yang berlangsung di salah satu kampus Cimone, Kota Tangerang. Dua prestasi tersebut, ungkap Rizki, semua memiliki nilai lebih atau suatu kebanggaan yang tidak bisa dilupakan.
“Senang banget pastinya, dari hobi kami bernyanyi bisa melahirkan suatu prestasi,” kata cowok yang juga miliki suara merdu itu. Kedepan, Sermonize, ujar Rizki, akan terus ikuti perlombaan dan rajin tampil untuk penuhi undangan. Selamat berkarya sob, sukses yaa! (pramita/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.