Banten Urutan 21 PON Riau

PON PEKANBARU,SNOL Kontingen Banten menempati peringkat 21 dari 33 peserta PON XVIII Riau 2012.  Mengantongi 4 emas, 8 perak dan 18 perunggu, Banten belum bisa menembus persaingan di papan utama klasemen hingga penutupan dilakukan, kemarin malam.
Kontingen ‘Badak’ hanya berhasil naik satu peringkat dibandingkan PON Kaltim XVII. Namun jumlah medali emas, perak dan perunggu yang diperoleh juga berkurang. Di PON Kaltim, Banten berhasil mengantongi 5 emas sedangkan kini hanya 4 emas.

Sementara itu, DKI Jakarta akhirnya keluar sebagai juara umum PON XVIII Riau. Perolehan emas DKI sudah tak lagi terkejar  dengan perolehan 109 emas, 101 perak dan 112 perunggu. Yang terbaru, DKI memastikan satu emas dan satu perunggu di nomor foursome beregu campuran atas nama William Sjaichudin/Tatiana JW (emas) dan Rinaldi Adiyandono/Juriah (perunggu) di cabang golf . Sementara satu perunggu lagi disumbangkan cabang balap sepeda, nomor 168 km road race perorangan putra, tadi pagi di Kabupaten Siak.

Sementara Jawa Barat di posisi runner-up, dengan perolehan 102 emas, 76 perak dan 112 perunggu dipastikan tidak bisa mengejar DKI. Juara bertahan, Jawa Timur, terpukul dengan menjauh di peringkat ketiga dengan 87 emas, 88 perak dan 83 perunggu. “Kami pastinya mensyukuri keberhasilan ini, meski ada pertandingan yang masih dijalani (Polo Air). Tapi, secara hitungan-hitungan peluang, kami tak mungkin lagi dikejar oleh kontestan lainnya,” terang Wenny Erwindia, Ketua KONI DKI Jakarta.

Hasil ini juga mengembalikan supremasi olahraga nasional ke ibukota, setelah gelar juara umum sempat mampir ke Jawa Timur, sebagai juara umum PON VXII lalu. Hingga penyelenggara PON ke-18, tercatat sudah 11 kali DKI mendulang status terhormat ini. Pertama kali mereka meraihnya di PON IV Sulawesi Selatan (1957) dan terakhir di PON XVI di Sumatera Selatan, 2004 silam. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.