Empat Bakal Calon Dipanwaskan

TIGARAKSA, SNOL Lembaga Pemantau Independen Pemilukada Kabupaten Tangerang (PIPKAT) melaporkan empat pasangan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati ke Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tangerang, Selasa (2/10). Keempat pasangan tersebut adalah Aden Abdul Khaliq-Suryana, Ahmed Zaki Iskandar-Hermansyah, Ahmad Subadri-M. Aufar Sadat dan Achmad Suwandi-Muklis.
Keempatnya dilaporkan terkait pemasangan  spanduk dan baliho di luar jadwal tahapan kampanye yang ditetapkan pada Pemilukada Kabupaten Tangerang 2013-2018.  “Kami anggap keempat pasangan tersebut telah melanggar yang telah ditetapkan dengan memasang spanduk dan baliho sebelum masa kampanye,” ujar Koordinator PIPKAT  Suhalimi Ismedi di press room Panwaslu Kabupaten Tangerang .

Ismedi menjelaskan, saat ini berbagai spanduk dan baliho berbagai ukuran telah memenuhi seluruh jalan protokol yang ada di Kabupaten Tangerang hingga ke jalan lingkungan. “Yang lebih kami prihatinkan adalah spanduk-spanduk tersebut berada di lingkungan kantor pemerintahan, sekolah dan tempat ibadah, yang jelas tempat tersebut merupakan tempat yang steril dari benda-benda yang berbau kampanye,” jelasnya.

Ismedi menambahkan, walaupun pelanggaran yang dilakukan hanyalah berupa pelanggaran administratif  saja, namun menurutnya laporan ini tetap harus dilakukan dalam rangka menciptakan pelaksanaan Pemilukada bersih. “Kami merasa wajib melaporkan hal ini, sebab jika hal-hal kecil seperti ini saja tidak dipatuhi oleh bakal calon, kami khawatir praktek kecurangan yang lebih besar bisa marak terjadi,” ujarnya.

Ismedi menambahkan, setiap pasangan calon wajib memberikan pendidikan politik yang benar kepada tim suksesnya dan masyarakat bagaimana berpolitik yang bersih dan santun. “Walaupun saat ini keempat pasangan tersebut baru sebatas bakal calon, karena belum ditetapkan KPU, namun mereka sudah diwajibkan tidak hanya berpikir untuk pemenangan semata, tetapi mereka harus memberikan pendidikan politik dengan memberikan pemahaman sekaligus contoh bagaimana berpolitik yang baik dengan taat terhadap regulasi yang telah dibuat,” ujarnya.

Ditambahkannya, jika hal ini dipahami dan dikedepankan maka dirinya yakin bahwa pelaksaaan Pemilukada Kabupaten Tangerang akan berjalan dengan baik dan lancar dan bisa menghasilkan pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat. Ketua Divisi Tindak Lanjut Panwaslukada Kabupaten Tangerang Nurkhayat Santosa mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan memanggil pihak terkait. Disebutkan, laporan adanya pemasangan alat peraga dari bakal pasangan calon juga sempat dilaporkan mahasiswa dari Himata Raya beberapa waktu lalu. “Kami juga sempat menerima laporan dari mahasiswa terkait ini,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya laporan pemasangan atribut tersebut, merupakan bukti turut berperannya berbagai elemen masyarakat di wilayahnya dalam pengawasan pemilukada. Hal ini dipandang penting, lantaran pengawasan bersifat partisipatif dari masyarakat mampu mencegah bentuk-bentuk pelanggaran pemilu. “Bentuk pengawasan partisipatif, diharapkan mampu mencegah berbagai bentuk pelanggaran,”tambahnya. (hendra/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.