LIRA Tuding DPRD Tangsel Tak Aspiratif

SETU,SNOL Lumbung Informasi Rakyat  (LIRA) Kota Tangsel mengkritik kinerja DPRD setempat yang tidak aspiratif terhadap sejumlah permasalahan. Lembaga independen tersebut menemukan sejumlah temuan namun dinilai tidak direspon baik oleh orang-orang di legislatif.
Temuan tersebut diantaranya keberadaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) melanggar estetika, adanya dugaan oknum anggota dewan yang ikut memuluskan perizinan perusahaan, keberadaan aset dari developer yang ada di Kota Tangsel, proyek pembangunan 19 gedung sekolah dan kelurahan yang  tidak bestek dan keberadaan Rumah Potong Hewan (RPH).

Walikota LIRA Kota Tangsel Imam Darmadi mengatakan, sejumlah temuan tersebut, awalnya akan disuarakan melalui panggung rakyat oleh LIRA. Namun, dibatalkan lantaran surat yang dilayang untuk menggelar kegiatan tersebut dinyatakan hilang oleh ketua DPRD setempat.
“Kami sudah investigasi dan benar adanya temuan itu. Makanya hari ini (kemarin) kami bakal gelar panggung rakyat, namun tidak mendapatkan izin dari wakil rakyat dengan alasan surat kami hilang,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan, Rabu (3/10).

“Kita punya banyak bukti temuan, tetapi DPRD tidak meresponnya,” katanya. Termasuk, adanya dugaan oknum anggota DPRD yang menjadi calo perizinan di sejumlah dinas untuk memuluskan perusahaan atau perorangan.  Pihaknya, pun telah melayangkan surat kepada Badan Kehormatan (BK) DPRD. Namun, hingga kini belum ada tanggapan.

Ketua DPRD Kota Tangsel Bambang P Rahmadi menuturkan surat yang dilayangkan LIRA tidak hilang. Lantaran, bertumpuk dengan surat-surat yang lain. “Kan dimeja saya banyak surat-surat. Jadi belum saya baca,” elaknya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel Syihabudin menyatakan, kritik yang dilayangkan Lira sudah seharusnya ada. Demikian, dewan juga bisa menilai dan memiliah mana yang perlu ditindaklanjuti langsung, dan mana yang perlu diperbaiki. “Kami terima kritik dan masukan dari Lira, Sebab, hal itu bagus bagi kami, semua yang ditemukan Lira di lapangan akan kami pelajari untuk ditindaklanjuti,” imbuhnya. (pane/gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.