Pelayanan RS Tak Boleh Diskriminatif

TANGERANG, SNOL Walikota Tangerang Wahidin Halim meminta rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkot Tangerang dalam program berobat gratis untuk tidak mempersulit masyarakat Kota Tangerang yang hendak berobat. Masyarakat cukup menunjukan kartu tanda penduduk (KTP) guna mendapatkan pelayanan.
“Siapapun, kaya, miskin, asal punya KTP Kota Tangerang maka wajib dilayani. Tidak diperlukan lagi surat rujukan, dan lain-lain,” ujar Wahidin saat rapat koordinasi dengan 28 rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tangerang dalam program berobat gratis bagi masyarakat Kota Tangerang, di Ruang Akhlakul Karimah, Rabu (03/10).

Lebih lanjut, Wahidin menyampaikan, sejatinya rumah sakit harus melayani masyarakat tanpa  melihat status sosial, baik kaya ataupun miskin, harus dilayani dengan baik. “Pelayanan tidak boleh diskriminatif, tapi untuk semua masyarakat yang ber-KTP Kota Tangerang,” tegasnya.

Diapun meminta agar rumah sakit yang bersangkutan terus bersinergi dan mengkomunikasikan secara intensif terkait pelaksanaan program ini dan jika memang ada yang kurang dapat disampaikan, dan kalau diperlukan adanya perbaikan bisa ditinjau ulang MoU yang sudah ada.  “Untuk sebuah niat baik kenapa harus dipersulit,” katanya.

Dia juga menegaskan program ini bukan sekedar program biasa, karena menyangkut hajat hidup orang banyak yang merupakan tanggungjawab dan amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Apalagi program ini dibiayai dari uang pemerintah yang notabene sumber pendapatannya diperoleh dari masyarakat,  melalui pajak masyarakat. “Undang-undang pun mengamanahkan itu,” tuturnya.

Oleh karena itu, Wahidin kembali mengingatkan semua stakeholder terkait tak terkecuali Dinas Kesehatan Kota Tangeranng untuk terus melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan program pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kota Tangerang. “Komunikasikan terus perkembangannya, jangan sampai ada informasi yang terlewatkan,”ujarnya.

Sementara kepada para Camat dia mengimbau agar terus gencar dalam mensosialisasikan program berobat gratis ini dan harus lebih selektif lagi dalam mengeluarkan izin pembuatan KTP khususnya bagi warga pendatang. Dengan demikian,  masyarakat tidak bisa seenaknya datang dan memanfaatkan segala fasilitas yang memang diprioritaskan untuk masyarakat Kota Tangerang.

Melalui Camat, WH  juga mengimbau agar masyarakat juga melaksanakan kewajibannya jika ingin mendapatkan haknya dalam memperoleh pelayanan kesehatan tanpa keluar biaya ini. “Kalau KTPnya sudah mati segera perpanjang dan kalau belum punya KTP Kota Tangerang urus dan segera buat,” serunya.(made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.