Panongan Ikrar Pemilukada Bersih

PANONGAN, SNOL Ratusan warga Panongan mendeklarasikan  Pemilukada Kabupaten Tangerang anti-politik uang. Deklarasi anti politik uang tersebut diikrarkan usai menghadiri acara Sosialisasi Tangerang 2013-2018 yang diselenggarakan (PPK) setempat di aula kecamatan, Minggu (14/10).
Anggota KPU Kabupaten Tangerang Akhmad Jamaludin  mengatakan, dirinya mengapresiasi upaya warga dalam menciptakan Pemilukada yang bersih. Sebab hal itu menurutnya akan menambah legitimasi hasil Pemilukada.

“Saya sebagai anggota KPU sangat menyambut baik upaya warga yang ingin menciptakan Pemilukada yang bersih, semoga Pemilukada kali ini bisa menghasilkan pemimpin yang aspiratif dan bersih,” ujarnya.

Akhmad Jamaludin atau yang akrab dipanggil Cecep ini menambahkan, dirinya menyadari bahwa menciptakan Pemilukada bersih serta terbebas dari politik uang   sangat sulit, namun hal tersebut harus terus diperjuangkan.

“Fonemena politik uang saat ini memang telah merambah hingga pemilihan tingkat desa, namun kita tidak boleh menyerah, kita harus memperjuangkannya agar kita bisa mendapatkan kualitas pemimpin yang baik,” jelasnya.

Cecep menjelaskan, jika seorang memperoleh jabatan karena uang maka saat memimpin nanti dirinya tidak akan peduli nasib rakyatnya arena akan sibuk mencari uang untuk mengembalikan modal yang dikeluarkannya.

“Pembangunan tidak akan bisa berjalan dengan baik, jika warga memilih hanya karena dirinya mendapatkan uang, karena siapapun pemimpin yang memperoleh kekuasaan dengan uang maka dirinya akan terus berpikir untuk bisa segera mengembalikan modal yang dikeluarkannya saat Pemilukada,” jelas Cecep.

Sementara Camat Panongan Hendar Herawan mengatakan  praktek money politik tentu saja bertentangan dengan hukum dan mencederai hak rakyat untuk dapat memilih dengan cerdas dan bebas. “Sudah saatnya kini masyarakat bisa mendapatkan pimpinan yang bersih dan jujur. Namun begitu, masyarakat harus memulainya dengan memilih berdasarkan hati nuraninya, bukan karena berapa uang yang diterimanya,” jelas Hendar.

Hendar juga berharap agar seluruh masyarakat bisa berperan aktif dalam Pemilukada kali ini dengan menggunakan hak pilihnya saat pencoblosan pada tanggal 9 Desember nanti. “Pergunakan hak pilih sebaik mungkin karena dapat menentukan Kabupaten Tangerang pada lima tahun mendatang,” jelasnya.

Hendar juga berharap kepada seluruh penyelenggara Pemilukada untuk menyelenggarakan Pemilukada ini secara adil dan jujur. “Seluruh penyelenggara harus bisa bersikap adil kepada semua pihak, sehingga Pemilukada ini bisa berjalan jujur adil dan aman,” tutupnya. (hendra/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.