SMPN 16 Juara LPI Banten

TANGERANG,SNOL Tim sepakbola SMPN 16 Kota Tangerang mengulang sukses menjuarai Liga Pendidikan Indonesia khusus SMP tingkat Provinsi Banten. Kesebelasan asuhan Umar Nalis tak terkalahkan atas lawan-lawannya dalam even yang digelar di Lapangan Sukun Kota Tangerang, Sabtu (13/10).
LPI Banten khusus SMP diikuti tiga tim yakni SMPN 16 Kota Tangerang, SMPN 6 Kota Cilegon dan SMPN 1 Sobang Kabupaten Pandeglang. Karena hanya diikuti tiga tim, sistem yang digunakan adalah kompetisi penuh, dimana semua tim bertemu. Pada pertemuan pertama, SMPN 16 Kota Tangerang sukses menggilas SMPN 6 Kota Cilegon dengan skor 6-0. Setelah itu, SMPN 16 mengalahkan kesebelasan SMPN 1 Sobang Pandeglang dengan skor 4-0.

“Atas kemenangan – kemenangan tersebut, SMPN 16 Kota Tangerang dinyatakan sebagai juara LPI Banten dan berhak mewakili Banten di LPI nasional yang akan digelar di Provinsi Bengkulu,”ujar Hamzah, Kepala Bidang Pembinaan Usia Muda Pengprov PSSI Banten kemarin. Berdasar pembagian grup, SMPN 16 Kota Tangerang akan bergabung bersama grup C yang diikuti SMP Negeri 1 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, SMP Negeri 1 Punggur Tengah, Lampung Selatan dan SMP Negeri 223 Jakarta Timur DKI Jakarta. Hari ini, SMPN 16 Kota Tangerang akan mengikuti screening pemain sebelum akhirnya memulai laga perdana pada 17 Oktober mendatang.

“Kalau dilihat dari penampilannya, kualitas SMPN 16 Kota Tangerang memang jauh di atas rata-rata. Saya optimis mereka bisa berbicara di pentas nasional,”imbuh Hamzah. Ketua Pengprov PSSI Banten, Satim Sofyan berharap, SMPN 16 Kota Tangerang bisa tampil lebih baik di tingkat nasional meskipun persiapannya kurang maksimal. Itu dikarenakan LPI Banten digelar secara mendadak.

“Ini kan kali kedua SMPN 16 mewakili Banten ke LPI Nasional. Saya harap, prestasi mereka lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,”imbuh Satim. Dia menerangkan, Pengprov PSSI Banten cukup kesulitan menggelar Liga Pendidikan Indonesia karena minimnya dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Banten, Dinas Pendidikan Banten, termasuk juga dari dinas-dinas terkait di tingkat kota / kabupaten. Itu sebabnya, dari delapan kabupaten / kota di Banten, hanya tiga wilayah yang menggelar turnamen LPI. Sisanya absen menggelar LPI karena berbagai alasan, tapi sebagian besar karena terkendala biaya.

“Selanjutnya kami akan mempersiapkan LPI tingkat Banten khusus SMA. Dalam 10 hari, saya harapkan bisa digelar. Untuk itu, kota /kabupaten yang belum menggelar LPI, saya imbau untuk melaksanakannya,”pungkas Satim. (gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.