Airin Jawab 19 Pertanyaan Warga

SERPONG,SNOL Sedikitnya 150 perwakilan warga dari berbagai elemen Kota Tangerang Selatan mendapatkan kesempatan bertanya kepada walikotanya, Airin Rachmi Diany dalam acara Silaturahmi Forum Keluarga Rakyat Tangerang Selatan (F-Kerabats), Rabu (14/11) lalu. Tak kurang, 19 pertanyaan ditujukan kepada Airin selama 2,5 jam pertemuan tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan seperti, sampah, pelebaran jalan, pengelolaan pasar, pengentasan kemiskinan, pendidikan sampai masalah kesehatan serta kantor pemerintahan diberondong warga yang datang dalam pertemuan itu. Namun, dengan lugas dan diplomatis Airin menjawab satu per satu pertanyaan tersebut.

Seperti persoalan sampah, pihaknya mengaku masih pusing menemukan formula jitunya. “Pemahaman saya soal sampah sebenarnya sudah matang, upaya sudah ditempuh, seperti operasional TPS Cipeucang, program penampungan sampah lingkungan, dan kedepan akan ada program bank sampah. Namun, untuk sampah di pasar itu yang saya belum bisa selesaikan, karena asetnya masih ada di Kabupaten,” jelasnya.

Permasalahan lain soal pusat pemerintahan, pihaknya belum akan mencetuskan pembangunan pusat pemerintahan dalam waktu dekat. Yang ia ingin bangun saat ini adalah pelebaran infastruktur jalan di semua kawasan, pembangunan gedung-gedung sekolah, balai warga, dan semua yang berkaitan dengan masyarakat.

Masalah lain seperti pengentasan kemisikinan, Airin pun menegaskan, dalam pembahasan APBD untuk tahun 2013, akan difokuskan pada pengentasan kemiskinan itu. Sehingga, anggaran-anggaran yang tidak ada kaitannya dengan pengentasan kemiskinan akan dipangkas, kecuali dana pendidikan, kesehatan dan infastruktur, itu masih besar.

Soal kesehatan, pihaknya juga akan mengebut penyelesaian pembangunan RSU. Airin juga akan menambah dana alokasi pelayanan di puskesmas.

Pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dikemukakan pun sampai tidak ada lagi yang terlewat. Bahkan, dari 2,5 jam  waktu berjalan dari pembukaan sampai penutupan, selama 2 jam Airin memjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat.

Bersamaan dengan agenda silaturahmi Kerabats tersebut, Ketua Kerabats Margiono mengatakan, empat tahun perjalanan Tangsel masih banyak cita-cita yang belum terselesaikan. Kepada para undangan dan hadirin ia meminta agar mau menuliskan bait-bait keluhan, pendapat, dan juga masukan positif yang nantinya akan dibukukan sebagai dasar Airin melakukan program.

“Ada waktu 12 hari sampai peringatan ulang tahun tanggal 26 November nanti. Kami akan hadiahkan buku panduan program kepada Walikota yang isinya masukan dan tulisan langsung masyarakat. Silahkan, nanti masyarakat kirimkan kepada kami tulisan yang tujuannya untuk membangun daerah ini,” kata Margiono.

Ketua Panitia Silaturahmi Kerabats Abdul Rojak mengatakan, kesempatan langsung berdialog dengan Walikota Tangsel tidak akan berhenti sampai pertemuan terakhir, kemarin. Yang jelas, Kerabats akan terus mengawal, mengawasi dan memberikan masukan positif dan konstruktif kepada Pemerintah Kota Tangsel.

Namun, jelas Abdul Rojak, setiap waktu dan setiap ada keluhan dari mayarakat, pihaknya bisa membuat agenda serupa dan siap dihadiri Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. (pane/gatot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.