Kampanye Terbuka Dimulai

TIGARAKSA, SNOL Salah satu momen krusial pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Tangerang dimulai. Empat pasangan calon akan berjibaku “menjual dagangannya” kepada masyarakat dalam kampanye terbuka yang mulai digelar mulai Kamis (22/11) hingga 6 Desember mendatang.

Namun, sebelum semua pasangan calon yakni Ahmed Zaki Iskandar-Hermansyah, Ahmad Subadri-Aufar, Ahmad Suwandi-Muhlis dan Aden Abdul Kholiq-Suryana, berkampanye terbuka, mereka terlebih dahulu beradu visi misi di depan para anggota DPRD Kabupaten Tangerang dalam sidang paripurna di Gedung DPRD, Kamis (22/11).

“Semua pasangan calon diberikan kesempatan selama 20 menit untuk memaparkan visi misinya. Teknis penyelenggaraan adu visi misi ini menjadi kewenangan Sekretariat DPRD, KPU hanya menjadwalkan saja,” kata Ade Awaludin, Pengarah Pokja Kampanye KPU Kabupaten Tangerang.

Setelah penyampaian visi mis selesai, keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati itu langsung melaksanakan rangkaian acara Deklarasi Kampanye Damai. “Deklarasi kampanye damai diawali dengan gerakan penanaman pohon di hutan kota Puspem yang dilakukan pasangan calon, partai pengusung, Muspida, KPU dan Panwaslu. Setelah itu, rombongan akan diarahkan ke Lapangan PWS Tigaraksa, tempat dilaksanakannya Deklarasi Kampanye Damai,” jelas Ade.

Kok memanam pohon? Menurut Ade, tujuan penanaman pohon adalah agar semua pasangan calon harus mengagendakan gerakan penyelamatan lingkungan, karena tingkat polusi di Kabupaten Tangerang ini kian meningkat. “Dengan gerakan tersebut diharapkan mampu mengimbangi dan menekan pencemaran udara,” tukasnya.

Saat deklarasi kampanye damai nanti, selain penandatanganan prastasti, juga akan dilakukan launcing visi misi dan jargon kampanye. ”Seluruh kegiatan juga didukung oleh Komunitas Pencinta Lingkungan dan Seniman Tangerang yang menampilkan atraksi dan musikalisasi puisi kampanye damai, serta hiburan,” tandasnya.

 

Lokasi Kampanye Terbuka

Sebelumnya, KPU Kabupaten Tangerang menetapkan empat  lokasi kampanye bagi pasangan calon bupati/wakil bupati Tangerang 2013-2018. Keempat  lokasi tersebut adalah  Lapangan PWS Tigaraksa, Lapangan Rajeg, Lapangan Suryabahari Pakuhaji dan  Lapangan Tunas Jaya Teluknaga.

Dalam hasil rapat koordinasi penetapan jadwal, waktu dan tempat kampanye pemilukada Bupati/ Wakil Bupati Tangerang telah disepakati kegiatan kampanye rapat umum (panggung terbuka) diatur sebagai berikut: pasangan calon nomor satu, yakni atas nama pasangan Ahmad Subadri dan Aufar Sadat jatuh tanggal 24, 28 November dan 1 Desember, Nomor dua yakni pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Hermansyah Tanggal 26, 30 November dan 4 Desember.   Nomor tiga yakni Aden Abdul Khaliq dan Suryana pada 23, 27 November dan 2 Desember sedangkan nomor urut empat  yakni Achmad Suwandhi dan Muchlis tanggal 25, 29 November dan 3 Desember.

Pada saat salah satu pasangan calon sedang melaksanakan kampanye, kandidat lain tidak diperbolehkan melakukan aktivitas serupa. Setiap pasangan berhak melakukan kampanye terbuka di tempat yang dipilihnya mulai pukul 07.30 hingga pukul 18.00 WIB. Di atas pukul 18.00 WIB barulah kandidat lain diperbolehkan berkampanye, itupun dengan sistem tertutup. (hendra/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.