Mal pun Bersaing Lewat Green Environment

TANGERANG, SNOL Konsep Green Environment tidak hanya digunakan pengembang perumahan saja. Pusat-pusat perbelanjaan pun mulai menggunakan konsep ramah lingkungan tersebut untuk menarik pengunjung . Mall @ Alam Sutera dan Mall Bale’ Kota Tangerang contohnya.
Dua mal yang baru resmi beroperasi 12-12-12 tersebut berlomba menciptakan susasana mal yang sejuk dan  asri sehingga membuat pengunjung nyaman dan ingin kembali datang.
Chief Executive Officer mall @ alam sutera, Budi Iwantoro mengungkapkan, dari total luas 7,8 hektar, sepertiganya merupakan area hijau terbuka. Sesuai dengan konsep mal yang menonjolkan green environment.
“Alam Sutera ingin menampilkan konsep pusat perbelanjaan modern yang benar-benar berbeda. Kami menggandeng Raymond Woo & Associates Singapore Architects dan Bobos Architects sebagai konsultan arsitek mal ini,” ujar Budi.
Untuk menunjang konsep tersebut green environment,  mall @ alam sutera juga telah menyiapkan lahan seluas 15 ha di luar area mall sebagai penunjang dan sebagian  dialokasikan untuk ruang terbuka hijau.
Mall Bale’ Kota Tangerang  yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tangerang, tidak hanya menjadikan lahanya sebagai pusat bisnis saja. Tetapi juga menjadi pusat tanaman dan bibit tanaman, pusat seni dan budaya termasuk wisata kuliner dan rekreasi keluarga.
Direktur PT. Paramitha Bangun Persada Frans Lasaro menyebut, Bale’ Kota menjadi pusat bisnis, shopping centre dan tempat hiburan yang berwawasan lingkungan unik karena mengedepankan wawasan lingkungan hijau. Seluruh bangunan di kawasan Bale’ Kota ini rencananya akan dihiasi oleh sejenis tanaman rambat yang memenuhi dinding bangunan sehingga bangunan nampak sejuk dan asri.  ”Untuk mewujudkan itu kita juga didukung oleh Trubus sebagai ahli tanaman”. Ujar Frans.
Menurut Frans 60 persen dari lahan mal akan digunakan sebagai ruang publik dan rekreasi keluarga serta pusat tanaman hias,. “Kami hanya memanfaatkan 40 persen saja untuk bisnis berupa pusat perbelanjaan dan hotel,” kata dia.
Untuk lebih mendukung konsep tersebut, Mall Bale’ Kota Tangerang  juga rencananya akan membangun stan kebudayaan dari 33 provinsi. Secara bergiliran, stan-stan itu akan menampilkan seni dan budaya daerah masing-masing.(mg5/hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.