BMKG: Hujan Seharian Berlanjut Sepekan

CIPUTAT, SNOL Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat memperkirakan hujan sepanjang hari akan terus terjadi hingga sepekan ke depan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin itu dipicu oleh penumpukan awan culmunilumbus (BC) di perairan Jawa dan Bali.
Prakirawan dari BMKG Wilayah II Ciputat, Subardjo mengatakan, hujan yang terus terjadi sepanjang Rabu (9/1), akan terus terjadi di sepanjang garis wilayah, Bali, Jawa, Banten dan Lampung. “Cuaca sepekan ke depan diperkirakan masih seperti hari ini (kemarin), hujan berkepanjangan dengan intensitas ringan,” jelas Subardjo (9/1).
Menurutnya, cuaca seperti itu terjadi lantaran dukungan musim penghujan dan terjadinya siklus angin tropis di wilayah Selatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan wilayah perairan Australia. Sehingga, menimbulkan awan CB yang cukup tebal di atas pulau Jawa, Bali, NTT dan NTB. “Untuk Banten dan Tangerang Raya juga akan kena siklus tropis tersebut,” imbuhnya.
Dengan intensitas hujan yang demikian, pihakya mengimbau agar ada kewaspadaan dini bagi pemerintah khususnya di kawasan rawan banjir untuk melakukan antisipasi. Sebab curah hujan tersebut meskipun tidak berpotensi turun lebat, tetap akan menimbulkan luapan airi cukup tinggi dialiran-aliran kali. “Untuk pemerintah harus waspada dini,” ucapnya.
Sedangkan untuk warga yang berada di wilayah tepi pantai, pihaknya pun negimbau agar tidak melaut, paling tidak hingga seminggu ke depan. Sebab pada kondisi siklus tropis seperti ini, gelombang laut bisa mencapai antara 3-4 meter dan cukup rawan untuk menaikkan jangkar kapal. “Bagi warga di wilayah Selatan Jawa dan Lampung, jangan melaut terlebih dahulu,” tandasnya. (pane/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.