Dana Pemilukada Lebak Rp 23,96 Miliar

LEBAK,SNOL Pemkab Lebak memberikan dana hibah sebesar Rp 23,96 miliar untuk kebutuhan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Lebak yang akan digelar pada akhir Agustus 2013 mendatang.
Dana tersebut diberikan secara simbolis kepada KPU Kabupaten Lebak di Aula Multatuli, Setda Lebak, Senin (13/1). Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Dede Jaelani mengatakan, dana hibah untuk Pemilukada yang diambil dari APBD Lebak tahun 2013 tersebutdiperuntukkan untuk KPU, Panwalu, Polres dan Dandim. “Rinciannya Rp 21,2 milyar untuk KPU, Rp 1,7 milyar untuk Panwaslu, Rp 900 juta untuk Polres dan Rp 160 juta untuk Dandim,” kata Dede, kemarin.
Dana tersebut untuk proses tahapan dan pengamanan Pemilukada selama satu putaran, dimana dana itu tidak sesuai dengan ajuan dari KPU Kabupaten Lebak. “Pada awalnya memang KPU mengajukan dana ke Pemkab sebesar Rp 30 milyar, namun kita hanya bisa memberikannya sebesar Rp 23,96 milyar, mengingat APBD kita sangat minim,” ungkapnya.
Pemkab meminta agar penyelenggara Pemilukada bisa menggunakan seefisien mungkin dana tersebut dengan memangkas anggaran yang tidak perlu. “Kita semua memang harus hemat,” tukasnya.
Bagaimana jika Pemilukada terjadi dua putaran? Dede mengaku akan mengalokasikannya pada perubahan APBD 2013. “Mudah-mudahan saja hanya satu putaran,” akunya.
Ketua KPU Lebak Agus Sutisna menyatakan, dana sebesar Rp 21,2 milyar tersebut untuk proses tahapan Pemilukada mulai dari launching hingga proses pencoblosan. “Dana itu juga untuk honor penyelenggara Pemilukada tiungkat desa dan kecamatan, sosialisasi Pemilukada, biaya debat, ATK (alat tulis kantor-red) dan lain-lain,” ucapnya.
Soal efisiensi, kata Agus, pihaknya sudah melakukannya. “Yang kita pangkas adalah dana debat kandidat dan honor penyelenggara Pemilukada mulai dari PPK (panitia pemilihan kecamatan-red), PPS (panitia pemungutan suara-red), PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih-red) dan KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara-red).
Sementara dana untuk Polres dan Dandim, semuanya untuk biaya pengamanan. “Dandim juga pada saat pencoblosan juga akan menurunkan Babinsa,” ucap anggota Panwaslu Lebak, Ace Sumirsa Ali. (mg8/eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.