Beton Rp 2,5 M untuk Jalan Mas Mansyur

TANGERANG,SNOL Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang berencana melakukan perbaikan atas kerusakan Jalan KH Mas Mansyur di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh. Dana Rp 2,5 miliar pun sudah dipersiapkan untuk merealisasikan rencana ini.
“Sudah masuk masa tender hingga satu bulan setengah. Mudah-mudahan jika semuanya lancar, Maret kita sudah masuk masa proyek perbaikan jalan,” ungkap Heri Trunajaya, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Tangerang, Rabu (16/1).
Rencananya, jalan sepanjang 500 meter yang menghubungkan Jalan KH Mas Mansyur dan Jalan Ahmad Dahlan itu akan dibeton. Karena sepanjang jalan tersebut selalu terendam banjir, Pemerintah Kota Tangerang juga akan meninggikannya. “Itukan selalu terkena genangan air kalau hujan besar, makanya selain dibeton, kita juga akan meninggikan jalan tersebut. Minimal setengah meter lah,” tuturnya.
Selain itu, pada posisi depan SPBU yang berada di sisi jalan, petugas akan membetulkan sekaligus pembuatan saluran air atau gorong-gorong tambahan. Sehingga, selain jalan, nantinya akan selalu kering, saluran air di sekitarnya pun akan lancar sampai kali kecil yang ada di sekitar jalan itu.
“Jika tidak molor, akhir tahun ini kami selesaikan proyek perbaikan jalan tersebut. Mengingat sudah sangat memprihatinkan dan menjadi akses penghubung ke ibu kota,” ujar Heri.
Sementara, saat ditanya mengenai sumber anggaran sebesar Rp 2,5 miliar, Heri mengungkapkan dana itu bersumber dari APBD 2013. Namun jumlah tersebut sebenarnya sudah termasuk dengan anggaran pelebaran jalan. “Untuk pelebaran jalan yang kita direncanakan selebar 3 meter sepertinya akan tertunda, mengingat warga di sekitar sana masih sangat alot untuk diajak duduk bareng,” ungkap Heri.
Jika pelebaran jalan tidak dilakukan bersamaan dengan betonisasi, Heri mengatakan, perbaikan jalan hanya memakan dana setengahnya saja atau sekitar Rp 1,2 miliar lebih.
Sebagaimana diketahui, jalan KH Mas Mansyur rusak sudah sejak beberapa bulan belakangan. Pengamatan Satelit News, Selasa (15/1), kerusakan mulai terlihat mulai dari depan Sekolah Islam Terpadu Harapan Jaya sampai dengan jalan KH Ahmad Dahlan.
Salah seorang warga RT 02/05 Jainudin menjelaskan, kerusakan jalan sudah terjadi sejak beberapa bulan belakangan, atau tepatnya ketika proyek perumahan milik sebuah pengembang dibangun.
“Pokoknya semenjak ada proyek perumahan itu dibangun, jalan di sini rusak,” jelasnya. Parahnya katanya Jainudin, jalan itu kini tak hanya rusak, tapi di sebagian ruasnya malah menjadi langganan banjir. (pramita/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.