Atasi Banjir Banten, PU Janji Gelontorkan Rp 262,69 M

SERANG,SNOL Kementerian Pekerjaan Umum (PU) pada APBN 2013 mengalokasikan anggaran sebesar Rp262,69 miliar untuk mengatasi banjir di Banten. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan waduk, penguatan tebing sungai dan rehab situ.
Data yang diterima, dari hasil rapat koordinasi penanganan banjir, antar Pemprov Banten dengan kabupaten/kota serta perwakilan dari Kementerian PU, Rabu (16/1) di pendopo gubernur, alokasi Rp262,69 miliar itu diperuntukan bagi pembangunan Waduk Karian sebesar Rp234,09 miliar, penguatan tebing Sungai Cidurian Rp 6,5 miliar, pembangunan Rip-rap muara Sungai Cilemer Rp 4,6 miliar, pengaman Pantai Tirtayasa Rp 6,5 miliar, pengaman Pantai Sumur di Kabupaten Pandeglang Rp 2 miliar, pengaman Pantai Cigondrong, Kabupaten Pandeglang Rp 3 miliar, rehab Situ Terate Rp3 miliar, dan rehab Situ Pelayangan Rp 3 miliar.
Tahun 2012 lalu, pemerintah pusat juga mengeluarkan dana sebesar Rp 101,9 miliar yang diperuntukan bagi pembangunan saluran induk Pamarayan Barat di Ciujung sebesar Rp 33,5 miliar, saluran induk Pamarayan Timur di Ciujung Rp 2miliar, rehab daerah irigasi (DI) Ciliman Rp 40 miliar, rehab saluran sekunder Cangkorek Rp 2 miliar, rehab saluran sekunder Umbulan Rp 2 miliar, rehab saluran induk dan sekunder di Cibaliung Rp 5 miliar.
Selain itu, rehab jaringan tambak Desa Wanayasa Rp 1,5 miliar, rehab jaringan Desa Kronjo Rp 1,4 miliar, pembangunan Bendung Karet Citawing tahap akhir Rp 5 miliar, pembangunan Bendung Karet Cibanten Rp 6,5 miliar, dan rehab saluran pembawa air baku rawa Ciceri lanjutan sebesar Rp 1 miliar.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bapedda) Banten, Widodo Hadi saat dihubungi melalui telpon genggamnya membenarkan sejumlah kegiatan program penanganan banjir yang dilakukan oleh pemerintah pusat di Banten. “Program Waduk Karian sendiri sebesar Rp 180 miliar, dan Rp 80 miliar alokasinya sudah digunakan untuk pembebasan lahan,” kata Widodo singkat.
Sementara, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Pemukiman Provinsi Banten, Iing Suwargi menjelaskan, tahun 2013 Pemprov Banten mengalokasikan Rp 60 miliar untuk penanganan banjir. Dana itu, kata Iing, diantaranya akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan tanggul Sungai Cilemer sepanjang 26 kilometer Rp 25 miliar, normalisasi Sungai Cikarang dan normalisasi Sungai Cibinungeun di hilir sebesar Rp 3 miliar, normalisasi Sungai Ciputat di Tangerang Selatan Rp 10 miliar, normalisasi Sungai Cirua Rp 9 miliar, dan normalisasi Sungai Gedung Ines Rp 3,2 miliar.
“Pembangunan Tanggul di Sungai Cilemer sepanjang 26 kilometer baru selesai sepanjang 4,9 kilometer, sisanya akan dikerjakan tahun 2013 dengan alokasi Rp 25 miliar,” jelas Iing.
Kegiatan pembangunan itu masih menurut Iing, akan dilakukan pada awal April mendatang, setelah proses lelang dilakukan. “Lelang proyek direncanakan akan kita lakukan pada pertengahan bulan Februari, dan untuk pengerjaannya sendiri akhir Maret atau awal April,” ungkapnya. (cr-2/igo/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.