Cabup Lebak Wajib Jalani Tes Urine

LEBAK,SNOL Sejumlah fraksi di DPRD Lebak meminta agar KPU setempat mewajibkan setiap pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Lebak, yang akan bertarung di Pemilukada akhir Agustus mendatang, untuk melampirkan hasil tes urine dari Rumah Sakit.
Langkah tersebut untuk memastikan, calon pemimpin Lebak lima tahun mendatang bebas dari narkoba dan obat-obat terlarang. “Di ajang-ajang lain tes urine menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh para kontestan. Namun selama ini saya melihat tes urine belum pernah diwacanakan oleh KPU. Harus dilakukan, dan hasilnya dijadikan persyaratan pencalonan,” kata anggota Fraksi PDI-P DPRD Lebak Enden Mahyudin, Minggu (10/2).
Manfaat yang bisa dipetik ketika mewajibkan tes urine bagi setiap calon pemimpin adalah untuk meminimalisir peredaran narkoba. “Selain itu untuk meningkatkan etos kerja seorang kepala daerah ketika ia terpilih nanti,” ujarnya.
Sependapat dengan itu, anggota Fraksi Partai Demokrat Erwin Komara Sukma mengatakan, partai politik (Parpol) memiliki kewajiban untuk mencalonkan cabup-cawabup juga harus bersih dari narkoba. “Parpol adalah lembaga yang pertama menggodok seorang kandidat. Maka pilihlah yang terbaik diantara yang baik,” pintanya.
Anggota Fraksi PKS Iif Makmur menyatakan, tes urine bagi calon pemimpin sudah diwajibkan di antara lain di Amerika Serikat (AS), Inggris, Perancis dan negara-negara di Eropa Timur. “Jangan sampai kejadian beberapa waktu silam terulang kembali. Yakni ada salah satu pejabat Pemkab Lebak tertangkap tangan sedang pesta narkoba di kediamannya,” ujar Iif tanpa menyebutkan nama pejabat tersebut.
Ketua KPU Kabupaten Lebak Agus Sutisna menyatakan, kewajiban tes urine tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan. Kendati demikian, pihaknya akan mengakomodir usulan tersebut.
“Setiap cabup-cawabup kan akan dites kesehatannya oleh tim dokter yang telah kita tunjuk. Nah disitu nanti kita akan kita usulkan. Kalau positif narkoba, bisa saja nanti pencalonannya digugurkan,” tandas Agus. (mg8/eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.