SBY Ngaku Tak Pernah Cuti 9 Tahun

JAKARTA,SNOL Beberapa hari terakhir Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disibukkan oleh urusan partainya, Demokrat. Sejumlah pihak menyarankan agar SBY mengajukan cuti, sehingga tidak terganggu tugasnya sebagai presiden.
Menanggapi sejumlah saran itu, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan, SBY tidak akan mencampuradukkan kewajibannya sebagaiĀ  Presiden dan kewajibannya di Demokrat. Ia pun menyebut, selama ini Presiden tidak pernah mengajukan cuti hanya untuk melaksanakan tugasnya sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Majelis tinggi partai itu.
“Presiden selama sembilan tahun kan tidak ada cuti. Kita tahu bahwa itu (kegiatan politik) dilakukan bukan pada jam kerja, pada hari kerja. Hanya hari libur, pada malam hari dan tidak juga di Istana atau kantor presiden. Jadi terlalu berlebihan kalau itu dikaitkan atau dianggap itu seperti melalaikan tugas sebagai Presiden,” ujar Julian di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/2).
Julian pun mewajarkan tindakan SBY yang turun tangan langsung menangani masalah di Partai Demokrat. Itu, kata dia, memang juga menjadi tugas SBY yang memiliki jabatan penting dalam partai.
“Sebagai ketua majelis tinggi dan ketua dewan pembina partai kan hal wajar, bagian dari mandat demokrasi. Berkali-kali beliau sudah menjelaskan hal itu. Bilamana ini dilakukan tentu tidak berarti mengganggu tugas-tugas bapak presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan,” tegas Julian.
Sementara itu, di tengah tahun politik ini, kata Julian, belum ada menteri yang mengajukan cuti untuk berkampanye. Meski saat ini telah ada aturan, dimana Menteri dapat mengajukan cuti pada hari Jumat.
“Sementara kami belum mendengar ada menteri yang mengalokasikan waktu secara khusus dalam konteks cuti sampai hari ini,” tutur Julian. (flo/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.