Lurah Diganti, Warga Segel Kelurahan

PAMULANG, SNOL Entah karena saking cinta dengan lurah lama atau karena ketidaktahuannya, sejumlah warga Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menolak kehadiran lurah baru. Sebagai bentuk protes, kantor kelurahan yang terletak di Jalan Pala Raya, disegel.
Warga yang datang mulai pukul 09.00 WIB, Selasa (12/2) ke Kantor Kelurahan Pondok Cabe Udik langsung menghadang pintu masuk kantor. Dengan selembar karton bertuliskan ‘Gedung Ini Milik Rayak, Bukan Milik Pemerintah’ dan karton bertuliskan ‘Kelurahan disegel oleh warga’ langsung menutup kantor tersebut. “Kenapa lurahnya diganti? Apa alasanya?,” tanya Wahab, tokoh masyarakat setempat.
Wahab bersama rombongannya yang mengatasnamakan diri Paguyuban Warga Pondok Cabe Udik menyatakan, warga melakukan aksi lantaran tidak rela penggantian lurah lama, Dadang Husman dengan lurah baru, Endang Herwantono. Terlebih, tidak ada pemberitahuan apapun kepada warga soal pergantian ini. “Lurah yang lama sangat baik. Kami tidak ingin ada pergantian,” tegasnya.
Wahab juga mengancam tidak akan mencopot segel yang dipasangnya sampai ada kejelasan soal nasib lurah lama. Sedangkan jika ada gangguan pelayanan selama penyegelan dilangsungkan, Wahab menegaskan bahwa pergantian lurah sendiri sudah merupakan ketidaknyamanan bagi warga. “Selama tidak ada kejelasan tetap ditutup,” ancamnya.
Pantauan di lokasi, sejumlah warga mengaku tidak nyaman dengan aksi Wahab dan teman-temannya. Sebab, saat akan mengambil KTP atau akan mengurus pelayanan lain di kantor tersebut merasa terganggu, dan pelayanannya terhambat. Sementara pegawai yang semula sudah bekerja sejak pagi, juga ikut keluar dari kantor dan meliburkan diri. “Jelas kami terganggu, ini saja mau ambil KTP susah,” keluh Toni, salah satu warga.
Toni menjelaskan, seharusnya ada pegawai yang masuk atau salah seorang staf yang mengurus pelayanan agar pelayanan tidak terbengkalai. “Saya sih berharap urusan ini dapat terselesaikan. Kalau berlarut akan sangat meng-ganggu masyarakat yang lebih banyak lagi,” tandas warga Jalan Kayu Putih, Pondok Cabe Udik tersebut.
Dihubungi terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Tangsel Firdaus mengatakan, pergantian lurah ini sudah sesuai dengan SK Walikota Nomor 821.2/Kep.057- BKPP/2013, tentang Pelantikan Pejabat Eselon IV dan V Kota Tangsel. “Kita sudah melaksanakan pengantian dan tidak ada yang salah dengan pengantian lurah ini. Apalagi PNS (Pegawai Negeri Sipil) harus siap ditugaskan di manapun,” kata Firdaus.
Pihaknya juga melihat, hasil evaluasi kerja yang dilakukan Tim Badan Kepangkatan dan Jabatan (Baperjakat), lurah lama yang kini menjabat sebagai salah satu Kepala Seksi (Kasie) pada Dinas Tenaga Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerjaan (Dinsosnakertrans) memiliki kinerja yang baik.
“Lurah baru sebelumnya menjabat di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) yang merupakan warga Pondok Cabe Udik juga. Jadi secara geografis dan adat sudah mengerti seluk beluk daerah set-empat. Sekali lagi, tidak ada kesalahan apapun dalam pergantian ini,” pungkasnya.(pane/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.