SBY Sebab Utama Elektabilitas PD Anjlok

JAKARTA,SNOL Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menyatakan bahwa Anas Urbaningrum bukanlah penyebab utama jebloknya elektabilitas Partai Demokrat (PD).

Qodari justru menegaskan, sebab utama anjloknya elektabilitas PD sebagaimana terungkap dari sejumlah survei justru lebih disebabkan efek politis buruknya kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Ini semua bermula dari kekecewaan publik atas buruknya kinerja pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu jilid kedua yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” kata M Qodari, dalam acara Dialektika Demokrasi bertema “Demokrat Tanpa SBY Pasca-2014” di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Kamis (28/2).

Efek negatif itu memang sulit disangkal karena SBY sendiri terus-menerus mempersonifikasi dirinya sebagai penguasa tunggal di PD. SBY memegang tiga batan sekaligus di PD, yakni Ketua Dewan Pembina, Ketua Majelis Tinggi sekaligus Ketua Dewan Kehormatan.

“Posisi itulah yang mendorong persepsi publik di saat kinerja pemerintah anjlok, maka itu diindentifikasi sebagai performance Partai Demokrat,” ungkap M Qodari.

Soal berbagai kasus korupsi yang kini mendera kader PD, Qodari menyebut hal itu menunjukkan tidak adanya kontrol partai terhadap kadernya. “Bahkan Hartati Murdaya yang disebut-sebut dekat dengan SBY juga terjerat kasus suap,” tegasnya.

Meski demikian Qodari juga mengatakan, SBY pula yang bisa mendongkrak elaktabilitas PD.
“Apalagi dalam urutan pemilu di Indonesia yang mendahulukan Pemilu Legislatif,  sangat menguntungkan posisi Partai Demokrat karena secara individu para kadernya bisa mendekati masyarakat karena hasilnya terkait langsung dengan posisi kader untuk menjadi anggota DPR dan DPRD,” kata dia.(fas/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.