Taufiq Kiemas: Regenerasi Pemimpin Nasional Keharusan

JAKARTA,SNOL Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Taufiq Kiemas, terus menggaungkan perlunya regenerasi kepemimpinan nasional.

Proses regenerasi kepemimpinan adalah keniscayaan yang akan berjalan dengan sendirinya. “Pasti begitu. Nggak bisa ditahan. Saya yakin itu. Regenerasi harus terjadi,” ujar Taufiq usai bedah buku “Gelora Kebangsaan Tak Kunjung Padam; 70 Tahun Taufiq Kiemas” di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Jakarta (Selasa, 5/3)

Politisi senior PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa tidak hanya presiden yang harus dari golongan muda, termasuk juga calon anggota legislatif. Selain muda, kualitas ideologi pemimpin muda sangat penting.

Dekan FKUI Dr. Ratna Sitompul sependapat dengan Taufiq Kiemas yang menekankan perlunya regenerasi kepemimpinan. Menurut Ratna, perguruan tinggi atau universitas masih merupakan tempat terbaik untuk mencetak pemimpin yang handal.

Namun sayangnya, pendidikan di Indonesia tidak mampu mendukung pengembangan dan regenerasi sosok pemimpin. Usaha-usaha untuk melahirkan pemimpin terbaik sering kandas di tengah jalan lantaran berbagai masalah, termasuk masalah dalam kualitas pendidikan.

“Pendidikan Indonesia saat ini perlu di lihat dan dicermati betul kualitasnya. Semua dilakukan guna mencetak pemimpin-pemimpin baru,” terang Ratna.(ysa/rmol.co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.