Demokrat Banten Rapatkan Barisan

TAN G E R AN G , SNOL Di Banten, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat merapatkan barisan. Mereka segera menggelar rapat konsolidasi dengan agenda utama KLB.

“Pertama kita akan rapat dengan DPC (Dewan Pimpinan Cabang) se-Banten,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Banten, Wahidin Halim saat dihubungi Satelit News, Selasa (12/3.

Menurut WH, panggilan akrab Wahidin Halim, rapat itu akan membahas siapa dan seperti apa calon Ketua Umum (Ketum) yang akan dipilih di KLB nanti.

WH membocorkan tiga kriteria Ketum yang akan dipilih PD Banten. Pertama, kata WH, Ketum PD mendatang haruslah orang yang memiliki integritas. Kedua, tidak korupsi. Dan krite-ria ketiga orang pengganti Anas Urbaningrum adalah yang bisa mengembalikan citra partai.

Ditanya, dari beberapa nama calon Ketum yang muncul, PD Banten akan memilih siapa? WH menjawab sambil guyon, “Menunggu turunnya malaikat dari langit,” selorohnya.

Meski begitu, menurut WH saat ini masih banyak kader-kader partai yang bersih yang tidak korupsi. “Mereka juga berhasil dalam kepemimpinannya,” kata WH.

Untuk memperkaya materi rapat konsolidasi dengan DPC se-Banten, saat ini WH terus mencermati isu-isu KLB, termasuk calon-calonnya.

Ditanya bagaimana kalau ada yang mencalonkan WH sebagai Ketum? Dia menjawab enteng, “Nggaklah, keliling Indonesia itu jauh dan capek,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Ketua DPC Demokrat Kota Tangerang, H Baihaki mengaku belum menentukan sikap, terlebih memilih siapa yang akan menggantikan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum partai tersebut. “DPC Kota Tangerang belum menentukan sikap harus mengikuti siapa. Namun kita masih tunggu perkembangan dinamika nantinya seperti apa,” kata Baihaki kemarin.

Menurut Baihaki, kepengurusan DPC ada pimpinan tertinggi atau Ketua DPD Banten. Pengurus DPC Demokrat mengaku menunggu keputusan dari atas. “Menunggu, sampai sejauh ini sikap kepada siapa dukungan partai akan diberikan,” ujarnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang, Wahyu Megahita, enggan menanggapi lebih banyak soal KLB. “Kami tergantung keputusan DPD PD Provinsi Banten. Jadi silahkan tanya saja ke Ketua DPD pak Wahidin Halim. Apapun keputusannnya kami akan mengikuti satu suara tersebut. Namun selama ini belum adanya instruksi,” kata Megahita.

Sekretaris DPC Demokrat Kota Serang, Asep Saeful Bahri mengatakan, mengusulkan agar yang dicalonkan saat digelarnya KLB nanti adalah orang internal. “Kita pada prinsipnya mendukung siapapun yang mempunyai keinginan maju dalam KLB mendatang, yang terpenting memiliki loyalitas dan integritas yang tinggi terhadap partai. Namun kami lebih memilih orang internal,” ujar Asep.

Ketua DPC PD Kabupaten Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyatakan, pihaknya tidak akan gegabah dalam memilih calon ketum DPP PD. “Kita juga akan melihat treck record (rekam jejak-red) dari kandidat yang selama ini ramai dibicarakan akan maju,” tukasnya.

Iti enggan menyatakan nama calon ketum yang akan dipilihnya nanti. “Pokoknya saat ini kita tengah melihat kelebihan dan kelemahan dari bakal calon yang akan maju nanti. Ini kita lakukan agar kita nanti tidak salah pilih. Pokoknya kita akan pilih calon yang memiliki komitmen untuk memajukan partai ini dan bisa menyatukan semua kalangan untuk kesolidan Demokrat,” pungkasnya.(mg8/mg5/pramita/fah/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.