Kejati Banten Eksekusi Mati Bandar Sabu

TANGERANG, SNOL Kejaksaan Tinggi Banten mengeksekusi mati terpidana mati kasus narkotika atas nama Adami Wilson alias Adam alias Abu (42).

Ini adalah eksekusi mati pertama yang dilakukan pihak Kejaksaan Agung tahun ini. Eksekusi terhadap Adam merupakan bagian dari 10 eksekusi yang telah diagendakan sejak tahun 2012.

“Tadi malam (Kamis malam) sudah dilakukan eksekusi satu orang atas nama Adam Wilson dari Malawi. Wilayahnya dilaksanakan di Kepulauan Seribu,” ujar Jaksa Agung Basrief Arief di Kejagung, Jakarta, Jumat (15/3).

Adam termasuk narapidana yang kontroversial. Dalam wawancara dengan media online beberapa waktu lalu, dia mengaku menyiapkan uang miliaran rupiah untuk membebaskan diri dari vonis mati.

Adam dijatuhi hukuman mati atas kasus narkoba di Indonesia. Dia ditangkap pada 2003 dan sempat menjalani kurungan di Lembaga Pemasyarakatan Tangerang, Banten. Setelah itu, Adam dipindah ke Kembangkuning, Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dia telah mendekam di penjara selama 10 tahun.

Dalam masa tahanan itu, Adam yang pernah menjadi petugas intelijen Nigeria itu juga diduga menjalani bisnis sabu seberat 8,7 kilogram senilai Rp 17,4 miliar dengan menugaskan kurirnya.

Adam diringkus Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 14 September 2012 saat menjalani perawatan di RSUD Cilacap, Jawa Tengah. Bersama pelaku turut diamankan seorang perempuan yang diduga akan dijadikan kurir dan sebuah kondom. Adam terbukti menjadi otak peredaran narkotika jenis sabu dengan skala internasional senilai Rp 18 miliar.

Sebelum membekuk Adam, petugas BNN meringkus 10 anak buah gembong narkoba itu. Nah, dari keterangan 10 orang tersebut mengerucut kepada nama Adam. Pria bertubuh gempal dan berkulit gelap tersebut dilarikan ke RSUD Cilacap karena mengaku sakit.

Dari ruang perawatan Adam BNN menyita 3 ponsel. Lima unit ponsel juga ditemukan di kamar sel Adam di Lapas Nusakambangan. Selain ponsel, petugas juga menyita buku tabungan dengan saldo Rp 800 juta.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, Setia Untung Arimuladi mengatakan, terdakwa Adam Wilson yang juga mantan intelejen Nigeria itu langsung dikuburkan di lokasi tersebut.

“Betul kemarin sekitar pukul 01.00 WIB kita eksekusi terpidana Adam Wilson di Kepulauan Seribu. Yang melakukan proses eksekusi itu adalah pihak kepolisian, sedangkan kami dari Kejagung dan Kejati Banten hanya sebagai saksi saja. Jasad korban langsung dimakamkan di lokasi,” ujar Untung Setia Arimuladi. (bagas/rdl/ade/deddy/jpnn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.