Sekretaris Samad juga Bocorkan Beberapa Kasus di KPK

JAKARTA,SNOL Komite Etik KPK juga menemukan fakta lain yang menunjukkan bahwa Sekretaris Ketua KPK yang bernama Wiwin Suwandi juga pernah membocorkan dukumen-dokumen kasus lainnya yang ditangani KPK.

Selain kasus Anas Urbaningrum, beberapa kasus lain itu adalah penyuapan Bupati Buol, penyuapan impor sapi dan kasus korupsi simulator SIM.  “Jadi kebocoran ini (sprindik Anas Urbaningrum) bukan yang pertama,” kata anggota Komite Etik Tumpak Hatorangan Panggabean.

Menurut Tumpak, Wiwin memang kerap menjalin informasi kepada wartawan terkait dengan kasus-kasus di KPK.

Namun meski begitu, Komite Etik tidak bisa memberikan sanksi kepada Wiwin lantaran kewenangannya hanya untuk memberikan rekomendasi sanski kepada para pimpinan saja.

Untuk itu, komite pun menyerahkan sanksi untuk Wiwin kepada Dewan Pertimbangan KPK yang memang berwenang untuk menindak para pegawai KPK yang terbukti melakukan pelanggaran kode etik.

Saat ditanya apa motif Wiwin membocorkan kasus-kasus di KPK kepada wartawan, Ketua Komite Etik Anies Baswedan mengatakan pihaknya tidak menemukan apa motifnya. “Yang jelas kata yang bersangkutan dirinya mengaku gemas dengan para koruptor yang berlagak seperti orang bersih. Itu saja motifnya,” kata Anies.(mas/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.