Pilkada Kota Tangerang Dilaunching, Pendaftaran Calon Diperpanjang

TANGERANG, SNOL Gong pemilihan walikota dan wakil walikota Tangerang 2013- 2018 resmi ditabuh. Pesta demokrasi di Kota Akhlakul Karimah yang digelar pada 31 Agustus 2013 itu dilaunching KPU setempat.

Anggota KPU Pusat, Juri Ardiantoro mengemukakan adanya pekerjaan rumah buat KPUD Kota Tangerang. “Secara nasional Kota Tangerang ini termasuk dalam daftar daerah yang keikut sertaan pemilihnya rendah. Ini menjadi PR untuk KPUD Kota Tangerang agar bekerja lebih maksimal pada sosialisasi pilkada kepada masyarakat,” kata Juri, salam sambutannya pada Rabu (4/4) di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang.

Dia mengungkapkan, masyarakat sudah seharusnya memiliki kesadaran tinggi untuk datang ke TPS. Sebab, tanpa terdaftar dalam DPT pun, atau hanya menggunakan KTP dan kartu keluarga, warga Kota Tangerang bisa memilih di TPS yang terdaftar dalam alamat KTP warga tersebut.

“Itu sudah menjadi putusan Mahkamah Konstitusi (MK), dan ini mempermudah warga untuk menjadi pemilih serta penentu masa depan Kota Tangerang,” pungkas Juri.

Dalam acara tersebut, KPUD Kota Tangerang memperkenalkan 65 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 13 Kecamatan dan 312 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 104 Kelurahan. Selain itu Pemkot juga menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang berjumlah 1.725.768 jiwa kepada KPUD.

Jadwal Pendaftaran Berubah

Ketua KPU Kota Tangerang, Syafril Elain mengatakan, adanya perpanjangan jadwal pendaftaran bakal calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 mempengaruhi pendaftaran jadwal Pilwakot Tangerang.

“Seharusnya jadwal pendaftaran bakal calon legislatif pemilu 2014 dilaksanakan tanggal 9 hingga 15 April, namun ada instruksi KPU Pusat untuk diperpanjang seminggu, hingga tanggal 22 April 2013,” ujarnya.

Nah, molornya jadwal pendaftaran pemilu 2014 ini, dikatakan Syafril, akan tumpang tindih dengan jadwal pencalonan walikota dan wakil walikota Tangerang. Yaitu pada jadwal sosialisasi tentang tata cara, baik dari pencalonan perseorangan dan calon dari partai politik atau gabungan partai politik.

Keduanya jatuh berbarengan di tanggal 3 hingga 22 April 2013. Agar tidak terjadi tumpang tindih dijadwal tahapan berikutnya, KPUD menggeser hari pencalonan perseorangan. “Seharusnya pengumuman mengenai penyerahan dokumen dukungan dalam pencalonan dari perseorangan dilakukan pada 22 April, kini mundur pada 23 hingga 24 April 2013,” jelas Syafril.

Sedangkan untuk penyerahan dokumen rekapitulasi dukungan perseorangan asli dan lampiran fotokopi KTP/dokumen kependudukan kepada PPS selama masa pendaftaran dan atau penyerahan dukungan, dilakukan pada 22 hingga 26 April, KPUD menggesernya menjadi tanggal 25 hingga 29 April 2013.

Setelah itu, KPUD dikatakan Syafril, akan melakukan verifikasi dokumen bakal calon perseorangan secara administrasi faktual, dari tanggal 1 hingga 25 Mei 2013. Barulah pada 26 Mei hingga 1 Juni, bakal calon perseorangan dapat mengambil formulir pendaftarannya.

“Hanya itu saja yang berubah, sedangkan untuk pencalonan dari partai atau gabungan partai politik tidaklah berubah. Yakni pengumuman pada 29 hingga 30 Mei, sedangkan untuk pengambilan formulir dari 31 Mei hingga 1 Juni 2013,” tutur Syafril.

Pelaksanaan pencoblosan yang jatuh pada 31 Agustus 2013 tidak akan berubah. “Tidak akan berubah, tetap pada jadwal. Tentu kami akan mengutamakan pilkada walikota dan wakil walikota Tangerang,” pungkasnya. (pramita/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.