KPU Kabupaten Rombak Daerah Pemilihan

TIGARAKSA,SNOL KPU Kabupaten Tangerang akhirnya memutuskan untuk mengikuti KPU Pusat, terkait sistem penamaan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilihan Legislatif pada 2014.

Sistem penamaan Dapil ini sempat membuat bingung masyarakat yang hendak menjadi calon anggota legoslatif di Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten, lantaran adanya perbedaan penamaan antar KPU Pusat dengan KPU Kabupaten Tangerang.

Dalam website KPU Pusat tertulis daftar Dapil di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten yakni Dapil Tangerang I meliputi Balaraja, Jayanti, Tigaraksa, Jambe, Cisoka dan Solear.

Dapil Tangerang II meliputi Sukamulya, Kresek, Gunung Kaler, Kronjo, Mekar Baru, Mauk, Sukadiri dan Kemeri.

Dapil Tangerang III meliputi Pasar Kemis, Sindang Jaya dan Rajeg.

Dapil Tangerang IV meliputi Teluknaga, Kosambi, Pakuhaji, Sepatan dan Sepatan Timur.

Dapil Tangerang V meliputi Curug, Cikupa dan Panongan. Dapil Tangerang VI meliputi Kelapa Dua, Legok, Pagedangan dan Cisauk.

“Ya KPU Kabupaten Tangerang jelas mengikuti keputusan KPU pusat untuk penamaan Dapil dengan jumlah 6 Dapil. Kami kan sifatnya top down, jadi soal penamaan Dapil kemarin penyelesaiannya ya kami selaraskan dengan KPU Pusat,” kata Hasan Mustofi anggota KPU Kabupaten Tangerang kepada Satelit News, Kamis (4/4).

Menjelang dilakukannya proses pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) yang akan diikuti oleh setiap kader Partai Politik di Kabupaten Tangerang. Maka KPU Kabupaten Tangerang wajib melakukan sosialisasi peraturan pencalegan kepada setiap kader Partai Politik. Berdasarkan petunjuk dari KPU pusat ada beberapa peraturan yang mengalami perubahan dan harus dapat disosialisasikan segera kepada setiap partai politik.

“Kepala Desa yang akan ikut pencalegan harus mengundurkan diri terlebih dahulu.Kemudian bagi setiap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang yang partainya telah dinyatakan tidak lolos seleksi KPU Pusat, apabila ingin mencalonkan kembali harus mengundurkan diri. Kemudian kembali mendaftarkan kepada partai pilihaannya yang telah dinyatakan lolos seleksi oleh KPU pusat,” ungkapnya.

KPU Kabupaten Tangerang akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang. (aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.