Keluar Lapas, Antasari Hadiri Sidang MK

TANGERANG, SNOL—Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga terpidana kasus pembunuhan Direktur Putra Rajawali Banjaran (PRB) Nasrudin Zulkarnaen, Rabu (10/04) pagi meninggalkan Lapas Dewasa Tangerang. Antasari pergi karena harus menghadiri sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Antasari keluar Lapas pada pukul 10.15 WIB dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan juga petugas Lapas.  Mengenakan pakain batik lengan panjang warna kuning keemasan yang dipadupadankan celana bahan hitam, wajahnya terlihat sumringah saat menuju  kendaraan yang mengantarnya ke institusi yang baru saja melakukan pergantian pimpinan tersebut.

“Sudah ya, saya masuk mobil dulu. Takut telat,” ujar Antasari sembari melambaikan tangannya kepada awak media. Setidaknya, lima petugas sipir terlihat ikut ke dalam mobil. Sedangkan beberapa anggota kepolisian mengawal ketat di mobil belakang.

Sementara Kepala Lapas Pria Dewasa Tangerang Agus Toyib menjelaskan, kepergian Antasari untuk keperluan menghadiri sidang pendahuluan, berkaitan dengan pengujian Undang-Undang No 8/1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana Pasal 268 ayat 3. Uji materi atas pasal 268 KUHAP dilakukan Antasari sebagai pemohon. Pasal yang diajukan uji materinya itu mengatur soal mekanisme hukum permohonan Peninjauan Kembali (PK).

“Surat pemberitahuan dari MK sudah turun dari lima hari lalu kepada kami, dikatakan sidang hari ini (kemarin-red), akan dimulai pukul 14.00 WIB, jadi saudara Antasari berangkat pukul 10.15 WIB,” papar Agus. Lebih jauh Agus mengatakan,  kepergian Antasari ke Gedung MK pun tidak diizinkan lama. Setelah selesai sidang, Antasari diwajibkan sudah harus kembali ke lapas.

Antasari sendiri divonis 18 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Tangerang, terkait kasus pembunuhan Direktur Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen pada 2009 silam. Hingga kini, Antasari baru menjalani 3 tahun masa tahanannya. (pramita/made/sn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.