KRL Serpong-Maja Diresmikan di Stasiun Cisauk

SERANG, SNOL—Kereta rel listrik (KRL) dengan jalur ganda jurusan Serpong-Maja direncanakan langsung diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan, Rabu (17/4) hari ini. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten, Opar Sohari mengatakan, peresmian KRL jalur ganda Serpong-Maja, akan dilakukan oleh Menhub di Stasiun KA Cisauk, Kabupaten Tangerang. Menurut jadwal yang sudah ditetapkan, acara dimulai pada pukul 09.00 WIB. “Berdasarkan jadwal yang ada, acaranya pada pagi hari dan dihadiri oleh tiga gubernur, dari Banten, DKI dan Jabar,” ungkapnya, Selasa (16/4).

Dia menjelaskan, keberadaan KRL jalur ganda di Banten sangat diperlukan. Menurutnya, mobilitas masyarakat Banten yang kian tinggi, membuat kebutuhan akan alat transportasi cepat dan murah makin medesak. “Keberadaan KRL dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi penduduk Banten yang beraktivitas di Jakarta,” terangnya.

Peresmian KRL jalur ganda, kata Opar, akan dilakukan bersamaan dengan peresmian elektrifikasi jalur tunggal kereta api jurusan Parungpanjang-Maja dan pengoperasian KRL KFW lintas Tanahabang-Serpong-Maja.

“Untuk  jalur tunggal jurusan Serpong-Parungpanjang-Maja ini juga dilakukan guna melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengurangi kemacetan di jalan-jalan seputar Banten. Karena populasi hunian dan pemukiman di wilayah Provinsi Banten yang tinggi, dimana mayoritas penduduk beraktivitas di Jakarta,” terangnya.

Lintas Serpong-Maja masih menurut Opar, merupakan salah satu lintas jalan KA di jalur Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Dalam kondisi jalur tunggal dengan kapasitas lintas 64 KA per hari dengan penumpang KA beroperasi sejumlah 52 KA saat ini, operasi KA pada jalur tersebut telah mendekati kapasitas lintas untuk jalur tunggal yang ada.

“Perlu dibangun jalur ganda antara Serpong-Maja. Dengan target, meningkatkan kapasitas lintas dari 64 KA per hari menjadi 128 KA per hari. Oleh karena itu, dengan selesainya pembangunan jalur ganda Serpong-Parungpanjang dan selesainya elektrifikasi jalur tunggal KA Parungpanjang-Maja, akan meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dengan mengurangi persilangan antar kereta api,” ungkapnya.

Selain itu dapat meningkatkan kapasitas lintas dari 101 KA per hari, menjadi 128 KA per hari, meningkatkan kapasitas angkutan penumpang, mengurangi kemacetan dan kepadatan jalan raya serta mempercepat waktu tempuh.

“Dengan adanya jalur ganda pada dua lintasan kereta api tersebut nantinya diharapkan tingkat mobilitas masyarakat yang berminat melakukan perjalanan dengan menggunakan angkutan KA pada lintasan Tangerang-Jakarta menjadi tinggi, sehingga dapat mengurangi kemacetan pada jalur tersebut,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten,  Siti Ma’ani Nina mengatakan, kehadiran tiga gubernur dalam acara peresmian KRL jalur ganda jurusan Serpong-Maja, baru Gubernur  Banten dan DKI Jakarta yang memastikan hadir. Sementara untuk Gubernur Jawa Barat belum ada kepastian.

“Ibu Gubernur Banten dan Bapak Gubernur DKI Jakarta sudah pasti akan hadir, tetapi kalau untuk Bapak Gubernur Jawa Barat masih tentatif, apakah bisa hadir atau tidak,” jelas Nina. (rus/enk/deddy/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.